Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

10 Jenis Makanan Bantu Usir Masalah Kulit

Beauty
10 Mar 2018
10 Jenis Makanan Bantu Usir Masalah Kulit

hariansuara.com, Jakarta - Kita adalah apa yang kita makan, demikian kata pepatah. Asupan yang kita makan akan menentukan derajat kesehatan kulit kita. Nah, pastikan 10 macam makanan berikut rutin ada dalam konsumsi pangan Anda agar kulit awet muda dan segar. Masalah kulit? Pasti dia pergi jauh!

Cokelat

Orang banyak yang takut makan cokelat. Alasannya, “Nanti gendut” atau “Kulitku bisa berjerawat”. Ternyata pendapat itu keliru! Para ahli justru menyingkap betapa cokelat itu mengandung antioksidan berupa flavonoid yang tinggi. Flavonoid ini yang membantu melembapkan kulit sehingga mencegah kulit kering dan keriput. Untuk menjaga timbangan Anda tetap aman, ambil cokelat hitam (dark chocolate) atau jenis bitter chocolate yang pahit.

Kacang Kenari

Karena pengaruh cuaca, suka atau tidak, kulit menjadi kasar dan rusak. Ini dapat mengancam keremajaan kulit. Anda mesti mengonsumsi asam lemak esensial omega-3 secara rutin. Kacang kenari salah satu biji-bijian yang bagus Anda konsumsi secara rutin. Perhatikan efeknya, kulit menjadi lembut dan kenyal.  

Yoghurt

Karena kekurangan protein, kulit kerap jadi kering dan berkeriput. Untuk memenuhi asupan protein bagi kulit bebas dari keriput, minum yoghurt atau asam susu.

Delima

Tubuh kekurangan vitamin C akan membuat kulit berkeriput juga. Buah-buahan sumber vitamin C. Selain jeruk, delima juga buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Jadi, rajinlah memakan delima jika ingin terbebas dari masalah keriput dan kulit kusam. 

Alpukat

Dehidrasi terjadi akibat tubuh kekurangan cairan maupun lemak. Efeknya, kulit jadi kering dan lagi-lagi keriput tak terhindarkan. Alpukat, buah berlemak yang satu ini, dapat menjaga kulit dari dehidrasi dan memperbaiki kualitas kolagen pada kulit.  Rutin mengonsumsi alpukat, maka Anda dapat mengucapkan bye-bye pada keriput. 

 

Paprika Warna-warni

Kulit di sekitar mata dan bibir rentan terhadap dehidrasi yang kemudian berbuntut dengan keriput. Riset pakar kesehatan membuktikan, kalau sayuran hijau dan kuning dapat mencegah dehidrasi tubuh dan juga munculnya keriput di bagian sensitif wajah di mulut dan mata. Nah, paprika merah dan hijau, sayuran yang paling bisa diandalkan untuk itu.

Madu

Madu adalah bahan makanan terbaik di dunia. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, menjaga vitalitas sampai merawat kulit agar tetap remaja. Ada beberapa cara memanfaatkan kandungannya yang kaya akan mineral, magnesium dan antioksidan. Secara berkala, Anda dapat mengoleskan di wajah yang telah dibersihkan, atau cukup meminum beberapa sendok atau mencampurnya dengan air putih sebagai pengganti gula. Nikmat rasanya! 

Kelapa

Air kelapa dikenal banyak kegunaannya untuk kulit agar awet muda, segar dan tampak berkilau. Itu khasiat lemak yang terdapat pada kelapa. Makanya, ibu yang sedang hamil kerap meminum air kelapa yang diyakini dapat membuat kulit bayinya bersih bercahaya pada saat lahir.  Daging kelapanya juga bagus untuk diolah sebagai santan. Hanya sebaiknya tidak berlebihan makan panganan yang bersantan.

Tomat

Kulit wajah Anda berbintik hitam dan berjerawat? Hati-hati, ini tanda penuaan akibat terpapar sinar ultraviolet. Disarankan untuk segera mengonsumsi tomat merah sebanyaknya dan rutin pula. Untuk memudahkan, proses tomat dengan blender hingga Anda cukup meminumnya. Serat tomat yang kaya akan selenium dan antioksidan ini juga terserap tubuh dengan baik. 

Teh Hijau

Dunia mengakui khasiat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak ragam produk yang memanfaatkan teh hijau, mulai dari kosmetika, minuman sampai makanan dan tarcis. Nah, untuk mengusir jerawat dan bintik-bintik maupun kulit yang meradang, rajinlah minum teh hijau setiap hari. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X