Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

5 Masker Alami Solusi Rambut Rontok

Beauty
13 Mar 2018
5 Masker Alami Solusi Rambut Rontok

hariansuara.com, Jakarta - Riset tentang rambut American Hair Loss Association menemukan kasus rambut rontok terjadi pada pria dan wanita. Cukup banyak juga wanita yang mengalami gangguan ini, sekitar 40%. Syukurnya, kerontokan rambut tak sampai ke titik kebotakan, seperti halnya yang terjadi pada laki-laki. Apa sebenarnya penyebab rambut rontok?

Sering kita dengar, rambut rontok karena sering gonta-ganti shampo, akibat usia yang menua atau itu semata ‘warisan’ dari ibu yang berambut tipis atau ayah yang botak. Dua penyebab pertama, menurut pakar rambut, tak ada kaitannya. Tetapi kalau sebab genetika, barangkali ada benarnya. Anda mewarisi bakat ibu atau ayah yang berambut tipis, rontok atau botak. 

Menurut para ahli lagi, terapi medis dengan obat-obatan tertentu juga sering menyebabkan kerontokan. Misalnya, pasca kemoterapi, obat-obatan kanker itu dapat meluruhkan rambut. Faktor penyebab lainnya adalah adanya gangguan tiroid dan autoimun, stres, menopause, kekurangan protein, proses hormonal pada kehamilan, atau rambut terlalu sering 'disiksa' oleh zat kimia cat rambut dan peralatan kecantikan rambut. 

Apakah rambut Anda sedang rontok? Tenang, Anda dapat mencoba merawat rambut di rumah dengan masker yang hariansuara.com suguhkan berikut ini. Hanya Anda mesti konsisten dan tekun melakukannya ya. Sediakan waktu yang rutin untuk perawatan ini, meski jadwal kegiatan Anda superpadat. 

1. Masker Telur Kocok

Tubuh yang kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok. Dan telur adalah sumber protein yang mudah dan murah diperoleh. Untuk mengatasi rambut rontok, buat masker rambut dari telur. Caranya, kocok telur mentah dalam wadah, lalu aplikasikan ke seluruh rambut. Sambil pijat-pijat kulit kepala, biarkan selama 15 menit agar protein meresap, lalu bershampo seperti biasa.

2. Masker Alpukat-Susu

Alpukat sering disebut orang buah dengan 11 keajaiban, karena khasiatnya yang aduhai untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk mengatasi rambut rontok, alpukat juga bisa Anda gunakan. Buat masker alpukat, caranya ambil alpukat yang sudah matang, haluskan dan campur dengan susu murni secukupnya. Setelah tercampur merata, maskerkan ke rambut dan kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk kecil. Diamkan selama 20 menit, lalu keramas dan bilas bersih. 

3. Masker Minyak Zaitun-Kuning Telur-Minyak Kelapa

Kombinasi antara minyak zaitun, kuning telur dan minyak kelapa dapat dijadikan masker rambut yang OK untuk mengatasi rambut kering, kusut, kusam dan rontok. Bagaimana cara membuatnya? Ambil dua sendok makan minyak zaitun, 1 kuning telur, dan dua sendok makan minyak kelapa. Aduk rata. Cara memakainya, mudah saja. Aplikasikan pada rambut, biarkan selama 25 menit, lalu keramas seperti biasa hingga bersih. 

4. Masker Kemiri-Lidah Buaya

Sejak zaman dulu, kemiri digunakan oleh nenek moyang kita untuk menghitamkan rambut. Kali ini pun Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi rambut yang mulai menipis. Caranya, sangrai kemiri dengan menggorengnya tanpa minyak hingga gosong. Tumbuk kemiri hingga halus. Anda akan lihat minyaknya keluar. Dalam wadah, campur kemiri ini dengan daging lidah buaya. Nah, aplikasikan di rambut secara merata, bungkus kepala dengan handuk, lalu diamkan selama 30 menit. Keramas rambut sampai bersih. 

5. Masker Susu-Yoghurt-Stroberi

Masker kombinasi dari bahan susu murni, yoghurt dan stroberi akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi lembap. Protein dan vitamin C dari stroberi akan menyehatkan dan menyegarkan kulit kepala, sehingga dapat mengatasi kerontokan rambut. Nah, ambil komposisinya sama rata dan sesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda. Stroberi dihaluskan dulu. Campurkan hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30 menit, lalu keramas dan bilas bersih. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X