Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Cara Ini Bisa Jaga Kulit Cantik Sehat di Iklim Tropis

Beauty
25 Apr 2018
Cara Ini Bisa Jaga Kulit Cantik Sehat di Iklim Tropis

hariansuara.com, Jakarta -  Berdasarkan jumlah melanin atau sel pembentuk warna kulit, ada 6 tipe kulit, yang biasanya diwakili dengan nomer 1 sampai dengan 6. Semakin besar nomernya, semakin gelap warna kulit. Rata-rata penduduk asli Indonesia memiliki tipe kulit 4,5 dan 6 yaitu kulit coklat cenderung gelap. Selain dari warnanya, karakter kulit orang Indonesia juga mudah timbul pigmentasi, kusam, dan cenderung kering karena banyak mengeluarkan keringat. 

“Sebenarnya warna kulit coklat atau gelap untuk orang Indonesia lebih menguntungkan karena kadar melanin tinggi sehingga kulit terproteksi dengan baik dari sinar matahari. Hanya saja reaksinya lebih cepat sampai terbentuk pigmentasi atau bintik-bintik coklat di kulit. Bahkan di Indonesia flek atau deposit melanin sudah bisa muncul di usia 20-an.” jelas dr. Anesia Tania SpKK dalam acara Talkshow yang diselenggarakan Ristra Cosmetodermatology, bertema Kulit Wajah Sehat, cantik  Kini Hingga Nanti, di Jakarta, (24/4).

Perawatan kulit paling utama di negara tropis adalah perlindungan dari sinar matahari.  Sinar matahari mempercepat penuaan dini, sehingga kulit harus dilindungi.  “Penuaan dini kulit lebih cepat dialami orang yang sering terpapar sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari dapat dilakukan dengan proteksi fisik dan kimia. Proteksi fisik misalnya menggunakan topi, payung, atau kacamata hitam. Sedangkan proteksi kimia dilakukan dengan penggunaan sunscreen,” jelas dr. Anes. 

Sunscreen berbeda dengan sunblock. Sunscreen lebih protektif dibandingkan sunblok karena memiliki spketrum luas,  melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Produk sunscreen ditandai dengan kadar Sun Protector Factor (SPF) sekaligus PA. 

“Kebutuhan SPF berbeda tergantung lama aktivitas. Untuk tipe kulit  4-6, yaitu kulit tropis, SPF 15 sudah cukup protektif terhadap sinar matahari. SPF 15 artinya bisa bertahan 2-3 jam. Semakin terang kulit, SPF semakin tinggi. Ingat bahwa sunscreen baru aktif minimal 30 menit setelah diaplikasikan. Jadi gunakan minimal 30 menit sebelum beraktivitas, dan ulangi setiap 2-5 jam tergantung kandungan SPF-nya,” tambah dr Anes. 

Prinsip perawatan kulit pada dasarnya harus disesuaikan dengan tipe kulit, apakah normal, berminyak atau kering dan tipe kulitnya tipe 1-6. PR Manager PT Kino Indonesia, Tbk menambahkan, Ristra Cosmetodermatology sangat mengerti kebutuhan kulit wanita Indonesia. Oleh karena itu Ristra Cosmetodermatology diformulasikan sedemikian rupa untuk kulit tropis. “Cosmetodermatology adalah kombinasi konsep antara kecantikan dan kesehatan kulit. Jadi konsepnya tidak hanya kulit cantik tetapi sehat,” jelas Yuna.

Lianne Cynthia Brand Manager Ristra Cosmetodermatology menambahkan, Ristra memiliki seri produk perawatan kulit yang sangat lengkap, mulai dari perawatan dasar, perawatan kulit kering, sensitif, whitening, perawatan anti aging, perawatan khusus acne, hair care dan produk make up. “Kita selalu menekankan bahwa selain memilih produk tepat, cara perawatan kulit juga harus tepat,” jelas Lianne.

Yuna menambahkan semua produk perawatan Ristra diformulasikan sedemikian rupa hingga sesuai untuk kulit di negara tropis. Tiga formulasi pada semua produk Ristra sudah memenuhi kebutuhan wanita Indonesia, yaitu tropical skin expert atau sudah disesuaikan dengan daerah tropis, sudah melalui uji klinis dermatologi (dermatology skin test) dan memiliki pH balance 4,5-5,5. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X