Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Begini Tip Dokter Kulit untuk Lembapkan Kulit Kering

Beauty
20 Sep 2018
Begini Tip Dokter Kulit untuk Lembapkan Kulit Kering

hariansuara.com, Jakarta - Kulit bagian terluar dari tubuh yang paling awal 'disiksa' oleh lingkungan luar, terlebih di negara bermusim 4. Mulai dari aksi polusi, terpaan udara dingin yang menyayat, maupun paparan sinar matahari yang panas.

Untuk itu kulit harus dirawat. Bila tidak, kulit pasti jadi kering dan rusak. Garis-garis halus dan kerutan lebih tampak, bisa semakin parah disertai rasa gatal, pecah-pecah, mengelupas, bahkan sampai berdarah.  

Kulit kering terlihat berpori besar. Dok jp.123rf.com

Tetapi percayalah, di atas bumi ini selalu ada cara atas setiap masalah, termasuk 'derita' kekeringan yang dialami si kulit. Yang mendasar, pastikan Anda cukup minum, asupan buah segar dan sayur mayur. Terapkan tip sederhana, tapi penting dari dokter kulit ini untuk Anda:

1. Tetap jaga kebersihan kulit dengan mandi teratur. Hanya, jangan berlama-lama di kamar mandi. Pilih sabun mandi lembut yang tidak mengandung parfum. Gunakan air suam kuku daripada air panas, karena dapat memperparah kekeringan pada kulit. 

2. Selesai mandi, cepat berhanduk, lalu olesi pelembap, secara merata. Bisa pelembap berbentuk krem, lotion atau salep. Tapi yang lebih efektif umumnya pelembap krem dan salep. Cari yang mengandung minyak zaitun, minyak jojoba, atau  krem dengan kandungan asam laktat, asam hyaluronic,gliserin, lanolin, minyak mineral, dan petrolatum.

3. Ketika bepergian, bawa krem tangan yang tidak berminyak. Oleskan pada tangan selesai cuci tangan. Kulit bibir juga olesi lip balm yang cocok untuk Anda. Bukan produk yang justru membuat bibir jadi iritasi. Untuk itu, Anda perlu trial and error ip balm dari berbagai merek sampai mendapatkan produk yang tepat. 

4. Selalu, pilih produk perawatan kulit yang lembut. Hindari produk yang mengandung wewangian, alkohol, retinoid, atau alpha-hydroxy acid (AHA) agar minyak alami kulit tidak ikut terbuang karenanya. 

5. Dalam beraktivitas, terlebih yang bersinggungan dengan deterjen, obat semprot hama dan cairan kimia, gunakan sarung tangan yang berkualitas. 

6. Semua tip tadi sudah diterapkan, tapi ternyata kulit masih juga kering, segera temui dokter kulit. Barangkali sudah saatnya Anda butuh krem atau salep khusus yang efektif melembapkan kulit. Tetap semangat! (*) 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X