Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

Asap dan Polusi Udara Bisa Sebabkan Keriput, Kulit kering dan Pigmentasi!

Beauty
17 Jan 2018
Asap dan Polusi Udara Bisa Sebabkan Keriput, Kulit kering dan Pigmentasi!

hariansuara.com, Jakarta - Saat kabut  berkombinasi dengan asap,  membentuk polutan udara. Tahukah Anda asap itu sebenarnya menyebabkan kerusakan besar pada kulit? Ya, polutan udara mampu membuat kulit kering dan sensitif. Berikut ini adalah penjelaan bagaimana polusi udara dan asap dapat merusak rambut Anda menurut Dermatologist Dr Jaishree Sharad dikutip dari Healthsite, Rabu, (17/1).

Polusi dan asap udara ini diketahui menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Fakta yang kurang diketahui adalah bahwa mereka juga menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel kulit. Mereka meningkatkan radikal bebas atau racun di kulit, menyebabkan ruam alergi, gatal, kulit berjerawat, kulit kering dan meningkatkan sensitivitas kulit. Pada lapisan kulit yang lebih dalam, terjadi degradasi kolagen dan peningkatan pembentukan pigmen sehingga terbentuk garis halus, pori terbuka, keriput dan peningkatan pigmentasi. Peradangan kronis pada kulit juga menyebabkan rosacea atau kemerahan pada wajah. 

Bagaimana Kita bisa melindungi kulitdari polusi udara dan membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh kabut asap?

1. Selalu bersihkan kulit dengan baik setelah kembali dari luar rumah. Gunakan pembersih muka yang bisa membasahi pori-pori Anda dan menghilangkan semua kotoran dan kotoran dari permukaan kulit serta partikel polutan yang ada di kulit. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, gunakan Sebamed olive face-wash dan body-wash atau lotion pembersih Cetaphil untuk membersihkannya. Minyak bayi juga akan membantu menghilangkan kotoran.

2. Selanjutnya, pastikan Anda mengoleskan pelembab yang bagus. Polusi mendehidrasi kulit, membuatnya kusam dan lebih rentan terhadap kerusakan lingkungan. Pelembab akan melindungi lapisan penghalang lipid kulit. 

3. Jangan lupa mengoleskan tabir surya dengan perlindungan UVA & UVB. Memilih tabir surya fisik yang juga akan membentuk lapisan pelindung pada kulit, sehingga menyulitkan partikel asap untuk mencapai lapisan kulit yang lebih dalam.

4. Pada malam hari, pastikan Anda mengoleskan serum atau krim yang mengandung vitamin C & E, yang akan detoksifikasi kulit Anda.

5. Jangan lupa kenakan masker yang tidak hanya menutupi hidung dan mulut tapi juga seluruh wajah Anda kecuali mata. Perlindungan fisik adalah metode perlindungan terbaik dari partikel polutan. 

6. Pastikan cukup minum air putih - minimal 2 liter per hari dan makan banyak buah berwarna cerah seperti semua buah beri, delima, anggur merah yang semuanya kaya akan antioksidan.

7. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C, E & A untuk melindungi kulit. Suplemen polipodium leucotomus, antioksidan kuat mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar berbahaya.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X