Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Dubes RI Lakukan Temu Bisnis dan Promosi TEI 2019 di Kota Multan, Pakistan

Kabar KBRI
09 Jul 2019
Dubes RI Lakukan Temu Bisnis dan Promosi TEI 2019 di Kota Multan, Pakistan

hariansuara.com, Pakistan - Panasnya suhu udara siang itu 46o C di Kota Multan, yang terletak sekitar 850 km dari selatan Ibu Kota Islamabad. Terik sangat, tapi tidak menyurutkan upaya KBRI Islamabad melakukan diplomasi ekonomi. Padahal begitu memasuki Musim Panas, masyarakat Pakistan, termasuk warga Kota Multan biasanya mencari kesejukan ke wilayah utara Pakistan, seperti Gilgit, Naran, Khagan, Kashmir, dan Hunza.

KBRI Islamabad justru mengunjungi Kota Multan pada 4-6 Juli lalu untuk meningkatkan perdagangan. Khususnya, mengeskplorasi potensi ekonomi kota tersebut melalui pertemuan dengan para pelaku usaha, kunjungan ke pabrik minuman buah, dan menghadiri acara Mango Festival yang diselenggarakan oleh kalangan akademisi. 

“Multan, sebagai kota tertua di Pakistan dan merupakan pusat kekuasaan Kesultanan Mughal, memiliki posisi strategis. Letak geografisnya menjadikan kota ini lalu lintas bagi arus perdagangan darat di Pakistan dan ke wilayah Asia Tengah. Selain itu, banyak pelaku usaha asal Multan yang telah lama menjalin hubungan bisnis dengan Indonesia,” ujar Dubes RI Islamabad, Iwan Suyudhie Amri di hadapan para pelaku usaha Kadin Multan. Mereka menjadi friends of Indonesia dan kerap menjadi perantara bagi rekannya di Multan untuk mengenalkan dan menyampaikan success story berbisnis dengan Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut, Senior Vice President Kadin Multan, Mr. Khawaja Muhammad Badar Munir, menyampaikan kesiapan pelaku usaha Multan untuk melakukan joint venture dengan Indonesia. Ia juga menyampaikan permintaan agar Pemerintah Indonesia dapat memberikan program peningkatan kapasitas di bidang pengembangan hubungan dagang dengan Indonesia. Dubes Iwan Amri pun merespons dengan mengajak mereka menggunakan kesempatan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) pada Oktober 2019 di mana mereka dapat bertemu langsung dengan para pelaku usaha di Indonesia dan menjajaki peluang bisnis.

Pada kunjungan ini, Dubes RI juga berkesempatan menghadiri Mango Festival yang diselenggarakan oleh MNS-UAM (Muhammad Nawaz Sharif University of Agriculture Multan). Menarik sekali acara yang didukung penuh oleh Departemen Pertanian Provinsi Punjab, karena kegiatan ini dinilai akan mendorong peningkatan ekspor mangga Multan yang memiliki beragam varietas dan rasa. 

Memperhatikan tren perdagangan bilateral yang semakin positif, Pemerintah Indonesia memberikan tambahan tarif nol persen bagi 20 produk Pakistan yang ingin masuk ke pasar Indonesia, termasuk mangga. “Walaupun nilai perdagangan bilateral selama 3 tahun terakhir selalu surplus di sisi Indonesia, ekspor Pakistan ke Indonesia juga meningkat secara signifikan,” ujar Dubes Iwan di depan peserta Mango Festival. 

PENDEKATAN KEPADA PELAKU USAHA

Selama tiga setengah tahun terakhir (2016-2019), KBRI Islamabad terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia-Pakistan. Salah satunya, melakukan pendekatan kepada pelaku usaha di kota-kota besar di Pakistan, termasuk Kota Multan. Dubes juga menemui pemilik pabrik minuman buah olahan yang memproduksi minuman buah terbesar di Provinsi Punjab. 

Pada awal 2017 lalu, melalui perantara salah satu friends of Indonesia, Dubes RI mengunjungi pengusaha tersebut untuk menggali peluang kerja sama ekonomi dengan Indonesia. Pada kunjungan ke Multan kali ini, pemilik pabrik tersebut menyampaikan telah menjajaki joint venture peternakan sapi bersama rekan bisnisnya di Indonesia. Adapun yang lebih dulu berinvestasi di Indonesia adalah pengusaha sapu lidi dan industri sabun.

Daya tarik Kota Multan lainnya adalah terkenal sebagai Kota para Waliyullah. Karenanya, Dubes RI dan Tim Ekonomi KBRI Islamabad berziarah ke makam Wali Agung Shah Rukn-e-Alam dan Bahauddin Zakariya, yang selalu ramai dikunjungi peziarah. Warga Multan memberikan kepercayaan kepada keluarga Menteri Luar Negeri (Menlu) Pakistan saat ini, Shah Mehmood Qureshi, untuk menjadi nadzir (pengelola) dua makam Wali Agung tersebut. Dubes Iwan Amri juga berziarah ke makam orang tua Menlu Shah Mehmood Qureshi di pelataran makam Shah Rukn-e-Alam. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X