Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Pagelaran Musik Gamelan Indonesia untuk Lansia di Selandia Baru

Kabar KBRI
17 Sep 2019
 Pagelaran Musik Gamelan Indonesia untuk Lansia di Selandia Baru

hariansuara.com, Jakarta - Pertunjukan musik gamelan pada Sabtu, 14 September 2019 lalu berhasil menghibur dan membuat kegembiraan para penghuni apartemen mewah Mosanic, Selandia Baru.

Selain menampilkan musik gamelan Jawa juga tampil paduan suara, persembahan Talempong (Sumatera Barat), serta kelompok musik band “the Troubles” yang dua pemainnya adalah mantan mahasiswa gamelan, New Zealand School of Music (NZSM).Apartemen mewah Mosanic dihuni para sepuh atau lanjut usia yang menikmati masa tuanya.

Para sepuh yang baru pertama kali mendengarkan alunan gamelan Jawa tersebut sangat menikmati pagelaran musik lembut yang dimainkan kelompok Padhang Monchar. Pada kesempatan tersebut juga diadakan workshop gamelan Jawa untuk para tamu udangan dan hadirin.

Judith Exley, salah satu seorang anggota kelompok gamelan Jawa Padhang Moncar, NZSM, Selandia Baru mengorganisir “House Full of Music” di Mosanic Apartment, komplek apartemen mewah yang terletak di kota Lower Hutt.

Judith adalah warga Selandia Baru yang juga tinggal di apartemen tersebut, sangat mencintai dan mahir bermain musik gamelan. Yang bersangkutan telah aktif belajar dan bermain gamelan kurang lebih selama 45 tahun sejak tahun 1976 hingga sekarang ini

Dilansir dari keterangan tertulis KBRI Wellington, Selasa, (17/9/2019), Kelompok gamelan Jawa Padhang Moncar yang berbasis di NZSM, Victoria University of Wellington sangat aktif mengembangkan dan mempromosikan gamelan di Selandia Baru. Selain sudah melakukan pertunjukan di berbagai kota di Selandia Baru termasuk Auckland, Dunedin, Christchurch, Palmerston North, Whanganui, New Plymouth dan Wellington, Padhang Moncar telah melakukan study tour empat kali ke Indonesia dan melakukan pentas gamelan di sejumlah kota di Indonesia yaitu Jakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Solo, Surabaya, Malang dan Bali.

Pada tahun 2012 Padhang Moncar terlibat dalam penggarapan ilustrasi musik film “the Hobbit 2” karya sutradara kenamaan Selandia Baru, Sir Peter Jackson. Padhang Moncar juga secara rutin mengadakan workshop kepada siswa sekolah di Wellington dan sekitarnya, sering kali berpartisipasi pada event budaya yang digelar oleh Wellington City Council dan KBRI seperti Asian Night Market, peringatan HUT RI dan pasar malam.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X