Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

KBRI Tashkent Gelar Kompetisi Barista Pertama di Uzbekistan

Kabar KBRI
28 Nov 2019
KBRI Tashkent Gelar Kompetisi Barista Pertama di Uzbekistan

hariansuara.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tashkent, Uzbekistan  menggelar kompetisi barista pertama di Tashkent, Uzbekistan pada tanggal 27 November 2019.

Kompetisi yang digelar dalam rangkaian Indonesian Coffee Day di Uzbekistan, 26-27 November 2019 merupakan kali pertama di Uzbekistan dan juga yang digelar oleh Perwakilan Asing di Uzbekistan. Event ini juga dipergunakan untuk mengenalkan kopi asli Indonesia kepada kalangan pecinta kopi Uzbekistan. Kopi yang digunakan adalah berbagai kopi nusantara yang berasal dari Flores, Sumedang dan juga Bengkulu.

Seperti disampaikan dalam sambutan pembukaan Duta Besar RI untuk Uzbekistan dan Kyrgyzstan, Sunaryo Kartadinata mengatakan KBRI Tashkent melihat bahwa selama ini di Uzbekistan belum pernah ada gelaran event seperti Barista Championship dan kami melihat bahwa hal ini merupakan kesempatan baik untuk mengenalkan Indonesia yang merupakan rumah dari kopi-kopi terbaik (home of finest coffee) serta penghasil kopi terbesar keempat di dunia.

Acara yang diikuti oleh 16 orang barista Uzbekistan disambut baik selain karena hal ini merupakan pertama kalinya event seperti ini digelar di Uzbekistan juga karena Perwakilan Asing yang bertindak sebagai penyelenggara.

Hari sebelumnya, sebanyak 8 produsen kopi Indonesia (Work Coffee, Bangflo, Gayo Mandiri, Kopi Spectrum, Kopi Sumedang Geulis, Reirom, Bencoolen Coffee dan ALKO Kerinci Coffee) telah memberikan paparan dan sesi pertemuan B to B dengan para kalangan industri kopi  setempat.

Syafrudin, Ketua Specialty Association Coffee of Indonesia, menambahkan, “Kami sangat senang melihat barista Uzbekistan berkompetisi dalam acara yang merupakan pertama kalinya di Uzbekistan ini. Acara ini memperlihatkan bagaimana dinamisnya perkembangan industri kopi di Uzbekistan. Kompetisi seperti ini juga akan memberikan manfaat bagi para barista untuk meningkatkan keahlian para barista."

Dalam pelaksanaannya, KBRI Tashkent didukung oleh Specialty Association Coffee of Indonesia dan tim juri yang terdiri dari Doddy Samsura, John Chendra serta Della Mifti.

Dijelaskan oleh John Chendra bahwa yang dinilai adalah hasil keseluruhan kopi mereka, rasa, keasaman (acidity), kekentalan (body) dan keseimbangan (balance). Menarik sekali karena kompetisi ini merupakan kali pertama yang digelar di Uzbekistan sehingga kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana perkembangan penggiat kopi di Uzbekistan sekaligus sebagai sarana promosi kopi Indonesia.

KBRI mendapatkan dukungan dari Reirom, Bangflo Coffee, Kopi Geulis Sumedang serta Bencoolen Coffee baik dalam bentuk peralatan maupun biji kopi yang digunakan dalam pelaksanaan kompetisi tersebut.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X