Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Nowela Idol Semarakkan Perayaan Natal di Moskow

Kabar KBRI
30 Dec 2019
Nowela Idol Semarakkan Perayaan Natal di Moskow

hariansuara.com, Moskow - Perayaan Natal 2019 di KBRI Moskow, Sabtu (28/12) terasa berbeda. Hal itu dikarenakan kehadiran Nowela Idol atau Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay. Ia berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan masyarakat Indonesia di Rusia yang berjumlah sekitar 250 orang. Dengan antusias para hadirin, yang sebagian besar mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Negeri Beruang Merah itu berbaur, ikut bernyanyi dan menari bersama.

Selain masyarakat Indonesia di Rusia, tampak hadir di perayaan Natal masyarakat Rusia Sahabat Indonesia. Adapun WNI yang datang berdomisili di Moskow, serta berbagai kota lainnya di Rusia, seperti Kazan, St. Peterburg, Volgograd, dan Tambov. Bahkan ada yang datang menggunakan kereta api yang memakan waktu perjalanan sekitar 9-10 jam. Selain umat Kristiani, para umat beragama lain seperti Islam dan Kristen Orthodox juga ikut hadir. 

Dubes Wahid dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang majemuk. Diimbau kepada masyarakat Indonesia di Rusia untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, serta kerukunan.

“Selamat Natal. Semoga tahun depan lebih diberikan keberkahan dan kebahagiaan bagi kita semua,” kata Dubes Wahid.“Saya berharap Natal tahun ini membawa suka cita buat seluruh masyarakat Indonesia di Rusia. Acara ini sebagai bentuk dari persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di Rusia,” kata Nowela. Nowela sangat senang datang ke Moskow, berjumpa masyarakat Indonesia di Rusia. Sebuah pengalaman yang berharga sekali, kata penyanyi berdarah Batak dan Papua ini. Meskipun ternyata tidak ada salju saat perayaan Natal atau white Christmas sebagaimana diharapkannya sebelum ke Moskow, namun ia tetap merasakan kehangatan dan kebersamaan di musim dingin Moskow di penghujung 2019. Nowela pun menunjukkan kepiawaiannya dalam menyanyi. Sejumlah lagu dipersembahkan oleh pemenang Indonesian Idol Musim Kedelapan ini. Sebut saja, White Christmas, Karena Cinta, Santa Claus is coming to Town, All I want for Christmas is You, Aku Papua, dan Cinta

Masyarakat Indonesia dan tamu undangan lainnya yang hadir tidak hanya mendengarkan suara emas dan menyaksikan penampilan Nowela, tetapi ikut berbaur dan menari saat Nowela membawakan lagu Maumere dan Poco-poco. Tidak ketinggalan pula Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, M. Wahid Supriyadi, dan Wakil Kepala Perwakilan RI, Azis Nurwahyudi, ikut menari bersama. 

Pada perayaan Natal ini dipersembahkan juga tarian daerah, yaitu Rantoeh Jaro (Aceh) dan Yapong (Jakarta), berbagai lagu, termasuk dari kelompok paduan suara Gereja Katholik St. Louis Moskow dan masyarakat Indonesia di Rusia, pembacaan puisi, serta ucapan Natal dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia. Para pengisi acara tersebut adalah murid Sekolah Indonesia Moskow (SIM), mahasiswa Indonesia di Rusia, dan masyarakat Indonesia lainnya di Rusia, serta sejumlah warga Rusia. 

Perayaan Natal kali ini diselenggarakan oleh Persekutuan Kristen Indonesia di Rusia (PERKI) yang didukung KBRI Moskow. Samuel, Ketua Panitia Natal 2019 Perki mengatakan bahwa Natal kali ini bertemakan Hiduplah Sebagai Sahabat bagi Semua Orang (Yohanes 15:14-15) dan subtema Kasih dalam Kebhinekaan. 

Sebelum acara perayaan Natal, masyarakat Indonesia yang Kristiani terlebih dahulu melaksanakan ibadah yang dipimpin oleh Romo Laurentius Lemdel, SVD, seorang Pastor Warga Negara Indonesia yang tinggal di Volgograd, sekitar 970 km dari Moskow.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X