Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Konferensi Minyak Sawit Bidik Generasi Muda Pakistan

Kabar KBRI
14 Feb 2020
Konferensi Minyak Sawit Bidik Generasi Muda Pakistan

hariansuara.com, Islamabad - Para mahasiswa program doktoral, kalangan saintis dan peneliti muda Pakistan mendapatkan penjelasan mengenai aspek kesehatan, kandungan nutrisi dan prespektif masa depan minyak hasil olahan kelapa sawit. 

Bekerja sama dengan University of Agriculture Faisalabad (UAF),  KBRI Islamabad menyelenggarakan acara konferensi internasional tentang Palm Oil and Its Future Perspectives, bertepatan dengan annual eve di UAF, 12-13 Februari 2020.

"Kolaborasi penyelenggaraan annual eve dengan Kedutaan Besar asing di Pakistan merupakan kali yang pertama dilakukan," ujar Dekan Fakultas Food, Nutrition & Home Sciences, UAF, Prof. Dr. Masood Sadiq Butt dalam sambutannya. 

Dalam acara yang bertema "Pak-Indonesia Food & Nutrition Festival and Palm Oil Conference & Its Future Perspectives” ini, KBRI Islamabad juga melakukan promosi terpadu dalam bentuk mengenalkan produk makanan, kerajinan batik, kerajinan, produk gula aren, serta paket destinasi pariwisata dan visa Indonesia.

"Seiring dengan semakin meningkatnya hubungan perdagangan Indonesia-Pakistan, mutual understanding akan semakin kuat jika dimensinya diperluas dengan kerjasama budaya, kesenian, pariwisata, pendidikan, dan berbagai bidang lainnya," tutur Dubes RI Islamabad, Iwan Suyudhie Amri yang didaulat UAF sebagai Chief Guest dalam annual eve tersebut. 

Pelibatan kalangan akademisi muda Pakistan dalam promosi minyak sawit dinilai tepat. Sebagai aset masa depan Pakistan, mereka dapat memahami aspek manfaat nutrisi minyak sawit maupun nilai ekonomisnya secara komprehensif, imbuh Dubes Iwan.

Para ilmuwan UAF terbilang berpengaruh di kalangan otoritas pangan Provinsi Punjab Pakistan yang sempat mengeluarkan larangan peredaran vanasphati ghee yang berbahan baku minyak sawit. Selain memiliki jumlah penduduk paling banyak, Provinsi Punjab juga merupakan konsumen minyak sawit terbesar di Pakistan. Dengan menggandeng UAF melalui konferensi minyak sawit, KBRI Islamabad ingin menegaskan aspek kesehatan minyak sawit, selain manfaat ekonominya. 

Konferensi minyak sawit ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Puspo Edi Giriwono, Ph.D., (IPB); Ir. Darmono Taniwiryono, M.Sc. (MAKSI); dan Faad Waheed (Waheed Group Company Pakistan). 

Data 2019 menunjukkan, Indonesia masih mendominasi pangsa pasar minyak sawit di Pakistan (80%), selebihnya (sekitar 20%) diimpor dari Malaysia. 

Dalam acara tersebut, KBRI Islamabad juga melibatkan mahasiswa Indonesia yang belajar di International Islamic University (IIU) Islamabad untuk menampilkan kesenian tari Saman dan baca al Quran.

"Kita terus membangun jembatan untuk kesinambungan hubungan perdagangan dan kedekatan masa depan hubungan Indonesia-Pakistan yang semakin baik," tutup Dubes Iwan. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X