Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Indonesia Gelar Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 di Filipina

Kabar KBRI
13 Jun 2021
Indonesia Gelar Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 di Filipina

hariansuara.com, Manila - Pandemi COVID-19 belumlah pupus. Kendati demikian, bukan berarti semangat dan kreativitas harus kendur. Sebaliknya, tetap optimis, terus bersemangat, berkreasi, dan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Itulah semangat di balik digelarnya Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 di Manila, Filipina kemarin (12/06/2021). Event ini diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan Indonesia melalui Atase Perdagangan KBRI Manila. 

Bertempat di ruang terbuka hijau di Legazpi Sunday Market, Manila, Filipina tak kurang dari 33 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjajakan produk-produk kuliner khas Indonesia yang ada di Filipina.

“Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 ini baru pertama kali digelar. Semoga kegiatan ini mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM di bidang kuliner khas Indonesia. Sekaligus mempromosikan  produk-produk Indonesia yang dijual di Filipina dan bisa meningkatkan ekspor,” ujar Atase Perdagangan KBRI Manila, Lazuardi Nasution dalam sambutannya.

Dengan bersinergi, sesuatu yang rumit bisa jadi mudah dan nyata. KBRI menggandeng Indonesia Diaspora Network Manila (IDN Manila) dalam menyiapkan Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021. Dan, acara ini pun disambut banyak orang.

Pemerintah Filipina yang sampai saat ini masih memberlakukan pembatasan ketat dalam menangani COVID-19, akhirnya memberi izin untuk mengadakan acara tersebut. Syaratnya, semua yang terlibat wajib mengindahkan protokol kesehatan. Dari penjual, pembeli hingga seluruh panitia.

Protokol kesehatan diindahkan benar. Di banyak sudut disiapkan fasilitas untuk mencuci tangan. Semua wajib bermasker danatau memakai face shield. Tiap orang melindungi diri dan menjaga sesama dari COVID-19.

Pengunjung tampak antusias membeli berbagai makanan khas dan produk-produk Indonesia. Mayoritas panganan dan produk yang dijual pun laris manis diborong. 

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Manila, Widya Rahmanto, mengapresiasi kegiatan Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 ini. Menurutnya, acara ini dapat membangkitkan bisnis di tengah pandemi, sekaligus memperkuat persahabatan Indonesia dan Filipina. 

Pekan Promosi Perdagangan Indonesia 2021 ini diadakan secara luring, bertatap muka, dengan penegakan protokol kesehatan. Panitia telah memikirkan dengan sangat cermat bagi warga Filipina dan Indoensia yang tidak bisa datang ke pameran.

“Bagi Anda yang tak bisa hadir di sini, tetap dapat menyaksikan promosi dagang produk Indonesia melalui siaran secara online, sekaligus membeli makanan yang diinginkan. Anda tak perlu datang ke sini, makanan yang akan mendatangi Anda,” ujar Lusie Susantono, Ketua Indonesia IDN Manila. (*) Sayuti/Mel     Foto: IDN Manila

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X