Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Untuk Bangkitkan Ekonomi, Indonesia Kian Gencar Promosi Dagang ke Filipina

Kabar KBRI
29 Nov 2021
Untuk Bangkitkan Ekonomi, Indonesia Kian Gencar Promosi Dagang ke Filipina

hariansuara.com, Manila - Pandemi Covid-19 belum usai, tapi roda kehidupan, termasuk perekonomian mesti terus bergulir.

Untuk meningkatkan dan membangkitkan perekonomian, pada Sabtu (27/11/2021) KBRI Manila melalui Atase Perdagangan gencar mempromosikan perdagangan produk ekspor Indonesia ke Filipina di Corinthian Carpark, Legazpi Village, Makati.

“Pekan promosi perdagangan ini merupakan kegiatan bazar kedua yang kami lakukan dalam setahun ini. Setelah sukses menggelar pekan promosi perdagangan pada 12 Juni 2021, dengan jumlah pengunjung sekitar 1.500, kini kami adakan kembali kegiatan ini dengan mengangkat tema Musim Liburan (Holiday Season)”, ungkap Lazuardi Nasution, Atase Perdagangan KBRI Manila.

“Tema musim liburan ini sangat cocok dengan budaya Filipina. Mulai September, masyarakat Filipina dengan antusias berbelanja untuk menyeramakkan perayaan Natal dan Tahun Baru.”

Di Corinthian Carpark, Legazpi Village, Makati itu 40 pengusaha dan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berpartisipasi memasarkan berbagai produk unggulan dari Indonesia. Di antaranya ada kuliner khas Indonesia, dan berbagai produk berupa makanan dan minuman kemasan, batik, kerajinan, fashion, aksesoris, dan berbagai produk kesehatan. 

Pengunjung begitu antusias memborong mayoritas makanan khas dan produk Indonesia. Lazuardi sangat gembira, sampai di akhir acara ada sekitar 2.600 pengunjung yang datang. 

Pentingnya Promosi Dagang di Tengah Pandemi 

Sementara itu Widya Rahmanto, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Manila, menegaskan pentingnya kegiatan promosi perdagangan dalam mendorong pengusaha dan pelaku UMKM membangkitkembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.

Pekan promosi perdagangan ini digelar dalam prosedur penjagaan protokol kesehatan yang ketat. Meski di Filipina sendiri kasus Covid-19 telah melandai. 

“Kami mesti memastikan para pengunjung yang hadir di sini aman dan nyaman dalam berbelanja,” ungkap Lusie Susantono selaku Ketua Indonesian Diaspora Network (IDN).  

Ditambahkan Lusie Susantono, “IDN Filipina mendukung penuh kegiatan ini sebagai upaya mendorong pengusaha, pelaku UMKM, retail, dan distributor produk-produk Indonesia untuk bangkit. Kita harus bantu dan dorong mereka. Mereka adalah ujung tombak kebangkitan perekonomian.” 

Kartini Sarsilaningsih, Ketua Indonesian Diaspora Network Global, mengapresiasi kegiatan yang berdampak positif ini agar makin mengenalkan produk-produk khas Indonesia ke dunia dan dicintai masyarakat dunia. 

“Kita harus bangkit dari kelesuan di tengah pandemi. Saya percaya kegiatan ini dapat mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia dan Filipina, maupun secara global,” tambah Kartini Sarsilaningsih. 

Selain mengadakan pekan promosi perdagangan, Atase Perdagangan KBRI Manila juga aktif menggelar forum bisnis. Tujuannya, memfasilitasi dialog dan transaksi perusahaan eksportir Indonesia dengan calon pembeli potensial Filipina. 

Tak ketinggalan, mengadakan webinar tentang penguatan ekonomi digital Indonesia dan Filipina di tengah pandemi. Hadir dalam webinar tersebut Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi dan Ramon Lopez, Sekretaris Perdagangan dan Industri Filipina. 

Mengingat respons masyarakat Filipina dan manfaat besarnya, KBRI Manila akan terus menggelar kegiatan promosi perdagangan produk-produk Indonesia ke masyarakat Filipina. Manfaat dari sisi B to B, kegiatan promosi akan memperkuat hubungan ekonomi antarmasyarakat Indonesia dan Filipina. (*) AQ Aini/MTS     Foto: Diaspora IDN Manila

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X