Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Rekomendasi APKASI Korwil Jawa Timur untuk Atasi Permasalahan di Daerah Saat ini

Nasional
23 Sep 2022
Rekomendasi APKASI Korwil Jawa Timur untuk Atasi Permasalahan di Daerah Saat ini

hariansuara.com - Kamis (22/9/2022) rapat kerja Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Koordinator Wilayah Jawa Timur berlangsung lancar di Surabaya. 

Dalam sambutan pembukaan, Sekjen APKASI Adnan Purichta Ichsan, yang juga Bupati Gowa, mengakui sangat penting pertemuan ini. Kepala Daerah dapat bersama-sama merumuskan permasalahan di Provinsi Jatim, lalu memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat maupun provinsi. 

"APKASI mewadahi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia dengan total anggota 416 Bupati. Sebagai asosiasi, APKASI menjembatani komunikasi antara daerah dan Pemerintah Pusat. Hasil raker ini menjadi rekomendasi bagi pemerintah pusat, sehingga dalam mengambil kebijakan akan berpihak kepada daerah," ujarnya.  

Sementara itu, Ketua Koordinasi Wilayah APKASI Jawa Timur, Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST, IPU berharap hasil raker dapat bermanfaat bagi daerah agar semakin maju dan bangkit lebih baik. Pun, bisa menjadi rekomendasi bermanfaat bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. 

Poin-poin Bahasan dan Rekomendasi

Ketua Korwil APKASI Jatim Hendy Siswanto menyampaikan suka cita peserta forum, Bupati maupun perwakilan, dengan antusias menyampaikan gagasan, pendapat dan usulan alternatif atasi permasalahan yang dibahas.

Disimpulkan dari @hendy_siswanto, tertuang poin-poin pembahasan dan pemikiran sebagai rekomendasi:

1. Kerja sama antardaerah harus diwujudkan secara konkret. Pemerintah Kabupaten bukan sebagai eksekutor, melainkan menghubungkan para pelaku usaha di dalam dan luar daerahnya. 

2. Untuk kerja sama aset, khususnya di bidang infrastruktur, harus ada regulasi yang mengatur pencatatan aset.

3. Potensi daerah anggota Korwil APKASI Jawa Timur harus dapat dikerjasamakan dengan baik antardaerah.

4. Pelaksanaan kerja sama di daerah perbatasan dapat mengadopsi contoh bagus yang dilakukan pada kerja sama Kartamantul (Yogyakarta-Sleman-Bantul) di Jawa Tengah.

Sebagai info, mengutip dari kartamantul.jogjaprov.go.id, Kartamantul mempraktikkan kerja sama yang setara, adil, partisipatif, transparan dan demokratis. 

5. Untuk memenuhi kebutuhan pegawai akibat kekurangan ASN, seluruh daerah mengangkat Non ASN. 

Disampaikan Hendy rekomendasi APKASI Korwil Jatim kepada seluruh Pemerintah Kabupaten di Jawa Timur:

a. Meningkatkan monitoring dan evaluasi kerja sama antardaerah demi mewujudkan kerja sama daerah yang berkualitas.

b. Pemerintah Kabupaten se-Jawa Timur melakukan studi tiru pelaksanaan kerja sama di daerah perbatasan yang sudah berjalan baik.

Kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur diutarakan rekomendasi APKASI Korwil Jatim, agar memfasilitasi dan menginisiasi kerja sama di daerah perbatasan. Utamanya, bagi daerah di Jawa Timur yang belum melaksanakan kerja sama antardaerah.

Adapun rekomendasi APKASI Korwil Jawa Timur kepada Pemerintah Pusat, imbuh Hendy: Pertama, mempermudah regulasi untuk meningkatkan kerja sama antardaerah dalam pengelolaan infrastruktur bersama.

Kedua, menunda kebijakan penghapusan Non ASN sampai ada solusi yang tepat untuk masyarakat.”  (*) Prabu/MTS            Foto: @pemkabjember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X