Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Resmi Diputuskan, Jemaah Umrah tak Wajib Melakukan Vaksin Meningitis

Nasional
16 Nov 2022
Resmi Diputuskan, Jemaah Umrah tak Wajib Melakukan Vaksin Meningitis

hariansuara.com - Hingga pagi tadi, Rabu (16/11/2022) sementara calon jemaah umrah masih kasak-kusuk perihal vaksinasi Meningitis Meninokokus. Padahal Kementerian Kesehatan RI telah secara resmi mengumumkan para jemaah umrah tak lagi wajib melakukan vaksinasi Meningitis Meningokokus. 

Pengumuman resmi itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor Hk.02.02/C.I/9325/2022 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Haji Dan Umrah oleh Kementerian Kesehatan, yang ditandatangani oleh Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha pada 11 November 2022 lalu.

Dinyatakan, "Vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan tidak menjadi keharusan bagi mereka yang datang menggunakan visa umrah." 

Namun, bagi jemaah umrah dengan riwayat komorbid, vaksinasi Meningitis Meningokokus dan vaksinasi lainnya, sangat direkomendasikan. Pun, otoritas Arab Saudi sudah menulis surat tentang hal ini yang dilayangkan oleh Kedutaan Arab Saudi ke Kementerian Luar Negeri RI. Vaksin meningitis bagi jemaah umrah tidak lagi diwajibkan.

Sebagai informasi, otoritas Arab Saudi juga mengeluarkan kebijakan berupa kelonggaran. Di antaranya, seperti disampaikan Menteri Haji dan Umrah Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Saudi di Kairo, Mesir pada Selasa (11/10/2022), bahwa perempuan diizinkan menjalankan ibadah haji dan umrah tanpa mahram atau pendamping laki-laki. 

Namun, menurut Penasihat Layanan Haji dan Umrah Saudi, Ahmed Saleh Halabi, pelaksanaannya tidak bisa juga sembarangan. Jemaah perempuan tetap harus ditemani oleh pendamping wanita atau pihak lain. 

Kelonggaran lainnya, visa umrah kini berlaku sampai 90 hari. Dan, jemaah diizinkan untuk bepergian ke luar wilayah Makkah dan Madinah. (*) Maulana/MTS         Foto: @masjidilharam

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X