Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jember Raih Rekor MURI di Hari Peringatan Angklung Sedunia

Nasional
16 Nov 2022
Jember Raih Rekor MURI di Hari Peringatan Angklung Sedunia

hariansuara.com - Hari ini, Rabu (16/11/2022) masyarakat internasional memperingati Hari Angklung Sedunia. Bertepatan dengan tanggal dideklarasikannya angklung sebagai The Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) 2010 lalu.

Menandai rasa syukur kepada leluhur atas alat musik adi luhung angklung ini, terselenggaralah permainan angklung kolosal diikuti 3.364 peserta pasangan orang tua dan siswa SD dan SMP Katolik Maria Fatima Jember dan SMAK Santo Paulus Jember. 

Alun-alun Jember sontak menjadi 'panggung orkestra'. Seiring hentakan angklung yang kompak, lagu Laskar Pelangi, Bunda, Ambilkan Bulan, Bu dan Tanah Airku terdengar mengalun merdu. Kian semarak kehadiran peserta dengan busana merah yang dikenakan.  

"Saya sangat mengapresiasi prakarsa dan ikhtiar yang dilakukan. Luar biasa, dan lebih dari itu, angklung menjadi sarana untuk menyatukan antara orang tua, anak dan guru bisa terjalin begitu mesra. Dan ini untuk masa depan, sebab anak-anak kita adalah penerus bangsa Indonesia," ujar Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST, IPU. 

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat kegiatan spektakuler permainan angklung yang piawai oleh pasangan orang tua dan siswa dengan jumlah terbanyak. Piagam penghargaan MURI itu diserahkan kepada Pemkab Jember diterima oleh Bupati Hendy, SMP Katolik Maria Fatima dan perkumpulan Darma Putri selaku pemrakarsa dan penyelenggara. Sekaligus, ini memecahkan rekor dunia.

"Angklung budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan dikenalkan kepada anak-anak muda agar tetap eksis dimainkan dan tak lekang oleh zaman. Semoga ke depan ada rekor MURI lebih dahsyat lagi, yakni memainkan alat musik khas Jember. Pencapaian ini tentunya jadi penyemangat untuk membangkitkan ekonomi di Kabupaten Jember," imbuh Bupati Hendy. (*) Sulanjana/MTS    Foto: @pemkabjember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X