Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Cugenang, Kecamatan Paling Parah di Bencana Gempa Cianjur

Nasional
24 Nov 2022
Cugenang, Kecamatan Paling Parah di Bencana Gempa Cianjur

hariansuara.com - Update dari Posko Tangga Darurat di Kantor Bupati Cianjur, seperti diinformasikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dikepalai Letjen TNI Suharyanto, korban meninggal dunia 271 orang. 

Warga yang luka-luka tak kurang dari 1.083 orang, dirawat di dua rumah sakit di RSUD Cimacan, Cipanas dan RS Sayang di Kota Cianjur. Pun, tenda-tenda dimanfaatkan sebagai posko rumah sakit darurat. Sementara korban dengan kondisi sakit yang berat dirujuk ke RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat.

Bupati Cianjur Herman Suherman menetapkan 30 hari masa tanggap darurat bencana gempa bumi dimulai pada Senin (21/11/2022). Pemkab bersama tim gabungan dari provinsi hingga pusat terus menyisiri daerah terdampak bencana dan yang membutuhkan bantuan. Tim SAR gabungan fokus melakukan pencarian korban yang masih hilang.

Pencarian orang hilang juga masih serius dilakukan. Dari pantauan di lapangan, pengungsi sejumlah 59.362 berdiam di tenda. Dapur umum sudah beroperasi. Rumah sejumlah 22.198 unit rusak, dan 12.000 di antaranya rusak berat. 

Cugenang Kecamatan Paling Parah

Dari 15 kecamatan, 12 di antaranya terdampak parah akibat gempa yang berkekuatan magnitudo 5,6 SR. Sebut saja, Kecamatan Cianjur, Karang Tengah, Warung Kondang, Gekbrong, Cugenang, Cilaku, Cibeber, Sukaresmi, Bojong Picung, Cikalong Kulon, Sukaluyu, dan Pacet.

Yang paling berat kondisi kerusakan adalah Kecamatan Cugenang. Di situlah pusat gempa berada. Warga setempat pun mengaku ngeri untuk kembali. Terlebih sering terasa gempa susulan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, ada 169 gempa susulan dengan varian kekuatan 1,5 hinga 4 SR. (*) Darajat/MTS            Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X