Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Bupati Jember Serahkan 500 Sertifikat Redistribusi Tanah 2021

Politik & Pemerintahan
23 Sep 2021
Bupati Jember Serahkan 500 Sertifikat Redistribusi Tanah 2021

hariansuara.com, Jember - Secara simbolis, Bupati Jember Hendy Siswanto menyerahkan langsung sertifikat redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) kepada 20 warga di Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu (22/09/2021).

Hal ini dilakukan serentak se-Indonesia dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, dari Istana Negara, bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021. 

Bupati Hendy menyerahkan langsung 20 sertifikat kepada warga, sementara total ada 500 sertifikat tanah yang diberikan kepada warga. 

Selama ini masalah kepemilikan tanah, ujar Presiden Joko Widodo, menjadi isu global di Tanah Air. Setiap tahun, ratusan warga menemuinya di Istana demi memperjuangkan lahan mereka yang terlilit konflik agraria sampai mafia tanah.

Presiden pun menginstruksikan jajaran Polri untuk bertindak tegas dalam menegakkan hukum. Jangan sampai pula ada oknum penegak hukum jadi backing mafia tanah. Ini demi kepastian hukum atas tanah yang juga penting demi terwujudnya keadilan, termasuk rakyat kecil sekalipun.

Kepada media, Bupati Hendy menjelaskan telah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan konflik agraria di pesisir selatan. 

Sementara itu Kepala Kantor BPN Kabupaten Jember Sugeng Muljosantoso menyampaikan 500 sertifikat yang sekarang dibagikan merupakan hasil registrasi tahun lama, sekitar 1990-an, meliputi Jenggawah dan Karangrejo, bekas tanah-tanah HGU PTPN X yang secara fisik sudah dikuasai masyarakat. Penyelesaiannya bertahap, dari Pemerintah Pusat ke kantor wilayah lalu turun ke tim lapangan. (*) Maulana/Prabu           Foto: Pemkab Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X