Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Muscab Gerakan Pramuka Jember Tahun ini Tentukan Ketua Kwarcab Periode 2021-2026

Politik & Pemerintahan
23 Sep 2021
Muscab Gerakan Pramuka Jember Tahun ini Tentukan Ketua Kwarcab Periode 2021-2026

hariansuara.com, Jember — Gong! Gong! Gong! Musyawarah Cabang (Muscab) Tahun 2021 dengan resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil, pada Kamis (23/09/2021) di Pendopo Wahyawibawagraha. 

Dengan mengucapkan Bismillah, kegiatan Muscab Gerakan Pramuka Jember bertema ‘Berbakti Tanpa Henti’ resmi dibuka.  “Selamat bermusyawarah. Salam Pramuka!" sambut Ketua Kwarda Jatim ini.

Hadir Bupati Jember Hendy Siswanto selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) gerakan pramuka Jember dan Wakil Bupati MB Firjaun Barlaman sebagai Wakamabicab. Tampak juga jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Jember beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Catatan dari Ketua Kwarda gerakan Pramuka HM Arum Sabil lagi, gerakan Pramuka organisasi nonpolitis, mandiri dan sukarela. Sesuai anggaran rumah tangga organisasi, pengambilan keputusan pada Muscab diambil berdasar asas musyawarah untuk mufakat. Sebuah budaya demokrasi yang santun. Fokus Kwarda Jatim lima tahun ke depan adalah membangun jiwa wirausaha, peserta

didik diajak terlibat aktif dalam membangun ketahanan pangan nasional. Utamanya di bidang budidaya peternakan, pertanian maupun perkebunan. Bersinergi dengan pemerintah dalam meneguhkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. 

Apresiasi Bupati Jember kepada KH A Muqit Arief

Pada kesempatan itu, KH A Muqit Arief, Ketua Kwarcab Kabupaten Jember 2016-2021, menyampaikan Muscab Gerakan Pramuka adalah amanah, jadi harus dilaksanakan secara efektif dan sebaik mungkin. 

”Saya sangat senang dan bangga di gerakan Pramuka. Di sini banyak insan bicara NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Pramuka begitu merasuk di kalangan masyarakat Jember dari kota sampai desa. Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan, Pramuka Jember masuk ranking 6 di Jatim. Anggotanya yang terdaftar 120.000," katanya. 

Bupati Hendy sendiri dalam sambutannya mengapresiasi KH Muqit Arief yang selama 5 tahun telah memimpin gerakan Pramuka Jember dengan sabar dan sepenuh hati. Adapun esensi dari Muscab Pramuka adalah melatih anak-anak muda menggali dan memaksimalkan potensi dirinya. Dalam prosesnya mereka terbentuk menjadi pribadi yang berkualitas, unggul dalam potensi dari segi intelektual, spiritual, serta berakhlak mulia. 

“Harapan kami, Pramuka Jember menjadi pionir, pelopor. Sebagai Bupati sekaligus Kamabicap, kami  siap men-support Pramuka Kabupaten Jember," tegas Bupati, yang kemudian lanjut menyerahkan penghargaan.

Bupati Hendy juga ingin memaksimalkan kekuatan Pramuka dalam menekan penyebaran Covid-19, dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan, bermasker dan vaksinasi.

3 Kandidat Ketua Kwarcab Kabupaten Jember

Selain itu dalam Muscab ini akan dipilih Ketua Kwarcab Kabupaten Jember untuk 2021-2026. Seluruh Kwartir Ranting Pramuka se-Kabupaten Jember pada September 2021 telah melakukan penjaringan kandidat ke depan.

Ada tiga nama kandidat yang mencuat: KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, PLT BPKSDM Jember, Sukowinarno, dan Plt Dispora, Muhamad Yusuf. Kita tunggu hasilnya! (*) Rohidah/Nuh      Foto: Diskominfo Jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X