Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Penting Menjaga Kondusifitas dalam Mengelola Penambangan di Gunung Sadeng

Politik & Pemerintahan
21 Jan 2023
Penting Menjaga Kondusifitas dalam Mengelola Penambangan di Gunung Sadeng

hariansuara.com - Pertemuan terkait pengelolaan Gunung Sadeng, Puger diadakan pada Jumat (20/1/2023) kemarin di Lobby Bupati Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Jember. Hadir undangan empat pengusaha tambang yang telah memiliki izin menggarap tambang batu kapur di Gunung Sadeng. 

Jalannya pertemuan dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Jember Arief Tjahjono, didampingi Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo. 

Tampak hadir Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Nurkholis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Bambang Saputro, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabakesbangpol) Edy Budi Susilo, serta anggota DPRD Jember David Handoko Seto.

Pertemuan ini merupakan sikap proaktif Pemkab Jember untuk menyelesaikan persoalan yang mengemuka. Diketahui, beberapa waktu lalu Persatuan Tumangan Gunung Sadeng (PTGS) memblokade jalan di Desa Kasiyan Timur, Puger. Mereka meminta lahan di Gunung Sadeng untuk dikelola sebagai usaha pertambangan sendiri. 

Kapolres Jember menyampaikan, segala sesuatu bisa dicarikan solusi. Tetapi dengan cara yang baik. Duduk bersama, dan mencari jalan keluar yang terbaik. Tak perlu bertikai atau sampai memblokade jalan. "Kita hidup di negara hukum, jadi semua ada aturannya masing-masing," AKBP Hery Purnomo mengingatkan. 

Catatan dari pertemuan tersebut, Pemkab Jember memfasilitasi kesepakatan antara empat perusahaan tambang di Gunung Sadeng dengan PTGS. Di antaranya, PTGS dapat memperoleh batu gamping di bawah harga pasar. Dinegosiasikan, harga per tonnya Rp.40 ribu, kendati harga pasar di angka Rp50 ribu per ton, dan ini pun sebenarnya sudah di ambang harga minimal.

Selain itu disampaikan Pj Sekda Jember, jajaran perusahaan pemilik izin usaha pertambangan di Gunung Sadeng berkenan melakukan sharing

Hanya ada mekanisme untuk bisa merealisasikan keinginan mengelola pertambangan itu. PTGS diminta mengurus izin terlebih dulu agar bisa berbagi dalam mengelola Gunung Sadeng bersama perusahaan yang perizinannya masih sampai pada tahap Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi. (*) Sayuti/MTS            Foto: @dinas_kominfo_kab_jember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X