Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

BRIN Evaluasi Tahap II 2023 Pemkab Jember Bangun Smart City

Politik & Pemerintahan
16 Nov 2023
BRIN Evaluasi Tahap II 2023 Pemkab Jember Bangun Smart City

hariansuara.com - Evaluasi Tahap II diikuti Pemkab Jember mengimplementasikan Program Smart City atau Menuju Kota Cerdas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika. Proses evaluasi dilakukan secara daring di Aula Bawah Barat Pemkab Jember Rabu, (15/11/2023).

Hadir Asisten Administrasi Umum Harry Agustriono, Sekretaris Dinas Kominfo Jember Hery Listiantoro, dan segenap OPD di lingkup Pemkab Jember. Asesor dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diketuai Andrari Grahitandaru, membuka sesi evaluasi.

 

Mengawali, Harry Agustriono memaparkan program-program yang meliputi 6 dimensi smart city yang dilakukan di lingkup Pemkab Jember. Kesemuanya itu meliputi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Smart City pada dimensi Smart Governance, Pemkab Jember melalui Diskominfo Jember membuat aplikasi Jember Kota Pintar (J-KOPI). Dengan aplikasi ini, masyarakat menjadi mudah dalam mengakses pelayanan.

Adapun pada dimensi Smart Branding, Pemkab Jember terus mengkristalkan branding kekayaan yang dimiliki Kabupaten Jember. Di antaranya, menguatkan branding Jember Fashion Carnival (JFC). Pun, membuat aplikasi dan website Smart Branding Event JFC.

Untuk terintegrasinya Smart City, Pemkab Jember melalui Diskominfo mengembangkan infrastruktur teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK). Pun, mengembangkan jarikan lokal Fiber Optic (FO) yang menghubungkan antar-OPD. Sedangkan pelayanan jaringan bagi masyarakat dihadirkan Free Wi-Fi di Alun-alun Jember dan menjangkau ruang terbuka hijau (RTH). 

Mewujudkan Smart Economy, dibangun di antaranya website Produk UMKM, serta PLUT-KUMKM, yaitu Layanan Konsultasi dan Pendampingan Usaha Melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM.

Kemudian pada dimensi Smart Living Program, ada aplikasi J-BANGGA atau Jember Membangun melalui Keluarga. Dan, Smart Society membangun aplikasi J E-KAPEKA atau Jember Kartu Pencari Kerja Elektronik.

Untuk mengelola lingkungan pada dimensi Smart Environment, dibuat program J-SAMPAH JUANG atau Jember Sampah Jadi Uang.

Setelah sesi tanya jawab dan evaluasi, para asesor BRIN memberikan masukan agar Pemkab Jember terus menggiatkan kolaborasi, melahirkan inovasi dan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. 

Sebagai informasi, membangun Jember Smart City sejatinya mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jember Tahun 2021-2026. Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 Tahun 2022 tentang Master Plan Pengembangan Smart City Tahun 2022-2024 telah diundangkan pada 14 Desember 2022.

Bahkan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU telah mengeluarkan Keputusan Bupati Jember Nomor: 188.45/278/1.12/2023 tentang Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Jember pada 25 Mei 2023. Tim ini yang fokus melaksanakan program percepatan terbangunnya Jember Smart City.

Pun, Bupati Jember juga mengajak relawan TIK Cabang Jember berkolaborasi memberikan pendampingan untuk membangun SDM digital yang unggul. (*) Sayuti/MTR       Foto: Diskominfojember

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X