Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Lifestyle

NASA Akan Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Wisatawan

Tekno
08 Jun 2019
NASA Akan Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Wisatawan

hariansuara.com, Jakarta -  NASA akan membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk usaha bisnis termasuk pariwisata ruang angkasa. 

"NASA membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk peluang komersial dan memasarkan peluang ini seperti yang belum pernah kita lakukan sebelumnya," kata kepala keuangan NASA Jeff DeWit.

Jika terwujud nantinya akan ada dua misi astronot pribadi per tahun. Misi akan berlangsung selama 30 hari. Sebanyak selusin wisatawan astronot dapat mengunjungi ISS per tahunnya. 

Para pelancong ini akan diangkut ke pengorbit secara eksklusif oleh dua perusahaan AS yang saat ini mengembangkan kendaraan transportasi untuk NASA, yaitu SpaceX, dengan kapsul Crew Dragon-nya, dan Boeing, dengan Starliner.

Perusahaan-perusahaan ini akan memilih klien untuk melakukan perjalanan dengan biaya sekitar 58 juta dollar AS untuk pulang-pergi.

Namun saat ini Dragon maupun Starliner belum siap. Kapsul transport mereka seharusnya siap pada akhir 2019 tetapi jadwal tergantung pada hasil serangkaian tes. Jadi perjalanan wisata ruang angkasa harus menunggu paling cepat hingga 2020.

Stasiun luar angkasa ini yang jadi destinasi bukan sepenuhnya milik NASA karena dibangun bersama dengan Rusia mulai tahun 1998, dan negara-negara lain yang berpartisipasi. Tetapi Amerika Serikat membayar dan mengendalikan sebagian besar modul yang membuatnya.

Wisatawan yang akan pergi ISS itu bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya pebisnis AS Dennis Tito mendapat kesempatan tersebut pada tahun 2001. Dia membayar Rusia sekitar 20 juta dollar AS untuk perjalanan itu. Selain itu juga ada pendiri Cirque du Soleil, Guy Laliberte yang melakukannya pada tahun 2009.

Sejak 2011, roket Soyuz Rusia menjadi satu-satunya cara untuk sampai ke stasiun ruang angkasa.  Biasanya ada tiga hingga enam anggota kru di ISS pada waktu tertentu. Sekarang ini adalah tempat bagi tiga orang Amerika, dua orang Rusia dan seorang Kanada.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X