Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Platform Invoicing Pertama di Indonesia Ini Mudahkan Pelaku UMKM Jalankan Bisnis

Ekonomi & Bisnis
23 Apr 2018
Platform Invoicing Pertama di Indonesia Ini Mudahkan Pelaku UMKM Jalankan Bisnis

hariansuara.com, Jakarta -  Masih banyak pemilik UMKM di Indonesia yang mengabaikan manajemen keuangan dan masih menggunakan sistem invoicing manual yang merepotkan dan sulit dilacak serta masih minimnya pemahaman pelaku usaha terhadap dasar-dasar akuntansi.

Berangkat dari persoalan tersebut, Jeremy Limman dan Yosia Sugialam menciptakan Paper.id. Paper.id ini adalah platform invoicing pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan laporan manajemen arus kas dan laporan keuangan. Dengan paper.id, pelaku usaha mampu menelusuri semua tagihan dan penjualan serta melihat laporan keuangan yang komprehensif. Paper.id memungkinkan pelaku usaha untuk membuat invoice dan laporan keuangan dengan mudah dalam waktu yang cepat. Dilengkapi dengan sistem pengingat, pengguna Paper.id tidak akan pernah lupa akan tagihan atau pembayaran pelanggannya.

“Repotnya masalah penagihan dan arus kas mungkin tidak mudah dipecahkan dalam waktu dekat. Namun di era komputerisasi dan digital ini, UMKM perlu dilatih untuk lebih memahami manajemen keuangan dengan menggunakan platform untuk mengelola keuangan dan arus kas mereka dengan mudah,” kata Jeremy Limman, CEO Paper.id. dalam keterangan tertulis yang diterima hariansuara.com, Senin, (23/4).

“Melalui Paper.id, pelaku usaha dapat membuat invoice elektronik pada perangkat favorit mereka, mulai dari web browser pada laptop dan aplikasi Paper.id di smartphone Android. Walaupun penggunaannya sederhana dan berbasis freemium, Paper.id terintegrasi dengan fitur laporan keuangan seperti neraca keuangan, laporan laba rugi dan laporan lainnya yang memungkinkan pemilik usaha untuk melihat laporan keuangannya secara simpel, lengkap dan real-time.”

Paper.id memungkinkan usaha tradisional untuk membayar invoice dengan pilihan metode pembayaran yang aman dan terpercaya, mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, m-banking dan e-wallet.  Paper.id juga berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dalam menghadirkan Yap!, yaitu aplikasi pembayaran dengan cara scan QR code, yang akan memudahkan pelanggan usaha Paper.id untuk melakukan pembayaran invoice.

“Dengan hadirnya yap! di platform Paper.id, kami memberikan pilihan metode pembayaran invoice yang simpel dan cepat. Setiap invoice yang dikirimkan dari Paper.id akan mencantumkan QR Code sehingga pelanggan dapat langsung melakukan pembayarannya dari aplikasi Yap!”, kata Idi Priadi Wibawa, Assistant Vice President Internet Banking & e-Commerce Business Bank Negara Indonesia (BNI).

“Bersama Paper.id, kami berkolaborasi untuk mempermudah para pelaku usaha dalam melakukan digitalisasi proses bisnis mereka, mulai dari mengirimkan invoice sampai menerima pembayaran dengan menggunakan solusi pembayaran digital,” tambahnya.

Dengan misi membangun UMKM untuk bersaing di abad digital, Paper.id pun sudah didukung dari modal ventura Golden Gate Ventures. Dea Surjadi, Business Development Golden Gate Ventures yang turut hadir dalam acara peluncuran Paper.id menuturkan, “Paper.id memposisikan diri mereka sebagai platform untuk membantu menghilangkan hambatan dalam manajemen keuangan sehingga semua UMKM dapat fokus pada apa yang benar-benar penting: melayani pelanggan dan mengembangkan bisnis mereka. Memberikan pendanaan tahap awal (seed funding) kepada Paper.id merupakan kesempatan yang unik bagi kami untuk turut membantu perkembangan UMKM di Indonesia." (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X