Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Kabar Baik, LG Electronics Pindahkan Lini Produksi TV dari Korea ke Indonesia

Ekonomi & Bisnis
22 May 2020
Kabar Baik, LG Electronics Pindahkan Lini Produksi TV dari Korea ke Indonesia

hariansuara.com, Jakarta - Untuk menggenjot efisiensi produksi, LG Electronics Inc menyampaikan keputusan akan memindahkan dua jalur produksi TV di Korea Selatan ke Indonesia. Langkah ini diambil demi menggenjot efisiensi produksi global di tengah pandemi Corona (Covid-19).

LG Electronics mengumumkan dua dari enam jalur produksi pabrik TV di Gumi, Korea akan dipindahkan ke Cibitung, Bekasi, Indonesia. LG punya pabrik di Cibitung.

Sementara, Gumi merupakan daerah yang punya jarak 260 kilometer selatan dari Seoul.

"Restrukturisasi ini ditujukan untuk menjadikan pabrik TV Indonesia sebagai pusat produksi perusahaan di Asia," demikian pernyataan LG yang dikutip dari koreatimes.co.kr, Jumat, 22 Mei 2020.

Pun, LG punya pabrik di Cibitung sejak 1995. Di pabrik Cibitung, LG punya produksi TV, monitor, dan produk digital signage. 

Dengan cara ini diharapkan LG bisa meningkatkan kapasitas produksi pabrik hingga 50 persen. Upaya ini juga bisa memperkuat sistem produksi cluster regionalnya. 

Baca juga: Pandemi Corona, 5 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Covid-19

LG juga sudah memproyeksikan produksi di Asia dan Eropa. Bila pusat produksi di Asia ada di Inddonesia maka Polandia akan jadi pusat memasok TV LG di Eropa. Adapun untuk Amerika Utara akan di-handle pabrikdi Meksiko.

Meski demikian, LG memastikan dengan pengurangan jalur produksi tak ada kebijakan pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Terkait itu, sekitar 500 karyawan untuk jalur produksi TV di Gumi akan dimutasi ke jalur produksi TV dan modul surya lainnya. Sebagian dari mereka juga akan dipindahkan ke pusat penelitian di Pyeongtaek, selatan Seoul.

LG juga tetap memproyeksikan pabrik Gumi jadi pusat kontrol untuk bisnis produk TV. Merujuk data, posisi LG saat ini sebagai pemain nomor dua di pasar TV global.

Dari periode Januari-Maret 2020, LG punya pangsa pasar 18,7 persen. Saingat kuat LG yaitu masih di posisi pertama yaitu Samsung Electronics Co dengan 32,4 persen. (*)  nis/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X