Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Darurat Pandemi Corona, Gojek PHK 430 Karyawan

Ekonomi & Bisnis
24 Jun 2020
Darurat Pandemi Corona, Gojek PHK 430 Karyawan

hariansuara.com, Jakarta - Perusahaan transportasi online berbasis aplikasi, Gojek mengumumkan telah memberlakukan kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK). Upaya ini dilakukan karena dampak pandemi Corona Covid-19.

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi menjelaskan ada ratusan karyawan yang terkena imbas Corona. Ia menyebut para karyawan itu sebagian besar dai divisi GoLife dan GoFood Festival. 

"Sebanyak 430 karyawan (9 persen dari total karyawan), yang sebagian besar berasal dari divisi yang terkait dengan GoLife dan GoFood Festival, akan meninggalkan Gojek sebagai bagian dari evaluasi terhadap struktur perusahaan secara keseluruhan," kata Kevin dalam keterangan resminya, yang dikutip hariansuara, Rabu, 24 Juni 2020.

Kevin menambahkan, upaya ini mesti dilakukan demi eksistensi perusahaan lantaran kondisi pandemi Covid-19. Meski demikian, ia menekankan keputusan tersebut menyesuaikan aturan dengan menyediakan benefit termasuk pesangon di atas standar yang ditetapkan pemerintah.

"Keberlangsungan finansial menjadi perhatian terbesar saat ini. Karyawan yang terdampak akan menerima pesangon (kami menetapkan minimum gaji 4 pekan) ditambah tambahan 4 pekan gaji untuk setiap tahun lamanya bekerja," ujarnya.

Kemudian, Kevin menyampaikan Gojek akan fokus kepada bisnis inti (core business) yang memiliki dampak paling luas kepada masyarakat. Fokus itu antara lain bisnis transportasi, pesan-antar makanan dan uang elektronik sebagai strategi jangka panjang dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selain itu, layanan yang menunjukkan hasil pertumbuhan yang menjanjikan seperti bisnis logistik. Sektor  ini disebutnya mengalami pertumbuhan 80 persen sejak awal pandemi atau layanan belanja kebutuhan sehari-hari (grocery) yang telah naik dua kali lipat.(*) umi/umi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X