Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Darurat Corona, Sandiaga Uno: UMKM yang Malah Bantu Pemerintah

Ekonomi & Bisnis
07 Jul 2020
Darurat Corona, Sandiaga Uno: UMKM yang Malah Bantu Pemerintah

hariansuara.com, Jakarta - Pengusaha Sandiaga Uno mengkritisi kebijakan pemerintah yang cenderung masih lamban menyikapi imbas pandemi Corona terhadap sektor ekonomi. Sandi mengingatkan perlunya reorientasi sektor ekonomi dengan menggenjot sektor UMKM.

"Jika kita fokus pada narasi besar tanpa ada eksekusi kemungkinan ekonomi semakin terpuruk dan masuk fase kerusakan permanen," kata Sandi, dalam keterangannya, Selasa, 7 Juli 2020.

Dia menjelaskan UMKM punya peranan penting untuk menopang roda ekonomi nasional. Maka itu, revitalisasi UMKM harus jadi kunci. Sebab, dari awal pandemi, sektor UMKM sudah tergerus.

"UMKM terkena hempasan badai duluan. Ibarat pertarungan tinju UMKM terpukul jatuh di ronde pertama dari pertarungan," lanjut eks Wakil Gubernur DKI itu.

Pun, Sandi sudah mendengarkan curhatan para pedagang UMKM. Ia menyampaikan saat ini pencetak 97 persen lapangan kerja adalah sektor UMKM.

Namun, imbas pandemi membuat penjualan menurun, permodalan terkendala pesanan drastis terjun. Faktor logistik tak lancar dan kredit macet harus dihadapi perusahaan perbankan. 

"Survei sampai proyeksi 47 persen UMKM berhenti usaha nyatanya jauh lebih besar lagi. Tak hanya bisnis, tetapi ekonomi keluarga dan pekerja tertekan dengan naiknya biaya hidup," ujarnya.

Kemudian, ia bicara pentingnya reprioritizing karena di setiap kritis perlu pertahanan yang kuat. Nah, peran UMKM akan muncul terlihat.

Dia tak menampik pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan soal UMKM. Tapi, realisasinya masih jauh dari harapan.

"5 bulan UMKM dan sektor ekonomi kena hantaman krisis pandemi. Realisasi sangat membuat kita prihatin. Stimulus kurang dari satu persen dari yang dianggarkan sudah tereksekusi. Pemerintah ingin membantu UMKM, tetapi belum konkret hasil kerja," jelas Sandi.

Sandi mengkritisi dengan kondisi seperti sekarang justru yang punya peranan membantu pemerintah adalah UMKM. 

"Kelihatannya pemerintah belum membantu UMKM, sebaliknya malah UMKM yang bantu pemerintah," ujar wakil ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Sandi miris dengan persoalan itu. Sebab, pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka memiliki keluarga yang harus dihidupi. 

Dia melanjutkan, pelaku UMKM perlu memerhatikan beberapa indikator dalam menghadapi shifting ekonomi agar usahanya tetap berjalan. Salah satunya adalah kesehatan finansial wajib dijaga agar UKMK bisa melalui krisis ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19. 

"Indikator kesehatan usaha terutama finansial, cash is king. Indikator konsumsi dan prilaku konsumen, karena perubahan telah terjadi," kata Sandi. (*) umi/umi

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X