Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Mau Dongkrak TKDN, Pertamina Siap Produksi 15 Kapal di Dalam Negeri

Ekonomi & Bisnis
14 Jul 2020
Mau Dongkrak TKDN, Pertamina Siap Produksi 15 Kapal di Dalam Negeri

hariansuara.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan, pihaknya siap berkomitmen memperhatikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Nicke menyebut Pertamina siap genjot TKDN lewat pengelolaan bisnis dan proyek.

Dia menyebut, Pertamina siap genjot lifting minyak nasional agar tetap optimal. Pun, untuk itu, Pertamina akan maksimal dalam pengadaan kapal-kapal milik sendiri.

Nicke mengatakan, untuk lima tahun ke depan, Pertamina siap melakukan pengadaan 48 kapal. Dari jumlah itu, 15 kapal di antaranya dipastikan akan diproduksi di dalam negeri.

"Bagi kami, ini jadi langkah awal pengembangan galangan kapal dalam negeri, sehingga hal itu nantinya bisa semakin memperkuat bisnis dalam negeri," kata Nicke dalam konferensi pers secara virtual, Selasa 14 Juli 2020.

Nicke menyampaikan, upaya itu dimulai dengan menggandeng tiga perusahaan BUMN di bidang perkapalan. Kerja sama ini untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada kapal-kapal milik Pertamina.

Ketiganya adalah PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), PT Industri Kapal Indonesia (Persero), dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero).

Menurutnya, kerja sama dengan tiga BUMN perkapalan ini sebagai upaya meningkatkan produktifitas Pertamina. Kata dia, pihaknya akan berupaya menggenjot ketepatan dan percepatan dalam hal penanganan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen kapal.

"Serta fasilitas pendukung lain, sehingga nantinya akan lebih fleksibel dalam melakukan docking di lokasi terdekat. Hal ini juga akan menjadikan perawatan dan pemeliharaan kapal Pertamina lebih efisien," ujar Nicke.

Nicke menambahkan, dalam urusan maintenance kapal-kapal tersebut, Pertamina punya komitmen mengawal peningkatan TKDN sejak tahap perencanaan. Bagi dia, monitoring dan implementasi harus jadi prioritas.

"Di mana sejak awal desainnya, Pertamina juga sudah coba untuk mengakomodir tingkat TKDN," tuturnya. (*) hab/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X