Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Alhamdulillah, Agustus 2020 UMKM Bisa Jadi Vendor BUMN

Ekonomi & Bisnis
28 Jul 2020
Alhamdulillah, Agustus 2020 UMKM Bisa Jadi Vendor BUMN

hariansuara.com, Jakarta - Pemerintah siap meluncurkan program khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tujuannya bisa jadi pemasok atau vendor bagi barang-barang kebutuhan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai Agustus 2020.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, program tersebut memang jadi program yang dicanangkan Kementerian BUMN. Dengan program ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas maupun kelas mereka. 

"Ini kami canangkan untuk mendongkrak kapasitas usaha UMKM. Tentu pelaku UMKM jadi perhatian kami dengan memberikan kesempatan mereka menjadi supplier atau vendor BUMN," kata Tiko, sapaan akrabnya, dalam keterangan resminya, Selasa, 28 Juli 2020.

Menurutnya, dalam program yang dinamakan Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM) itu bisa membuat pengadaan yang dilakukan BUMN sebesar Rp18,5 triliun. Rinciannya mencakup dari sisi belanja modal maupun operasionalnya, di bawah Rp14 miliar akan diserahkan ke UMKM.

"Kita punya program PaDi UMKM. Dalam program ini ada sekitar Rp18,5 triliun dari pembelian BUMN ke depan, baik capex dan opex di bawah Rp14 miliar akan diberikan kepada UMKM. Kami rencananya segera launching di bulan Agustus," tutur Tiko.

Pun, UMKM yang bisa memanfaatkan program tersebut seperti yang terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM). Mereka mesti tersertifikasi dan masuk ke dalam katalog Kemenkop UKM.

"Platform yang kami siapkan di mana para UMKM Indonesia yang telah tersertifikasi dan masuk katalog Kemenkop UKM bisa menjadi supplier preferred untuk BUMN-BUMN," jelas Tiko.

Dengan adanya program itu, pemerintah ingin UMKM jadi katalisator baru dari permintaan produk-produk yang jadi andalan para pelaku usaha tersebut. Imbas positifnya, ekonomi dan roda bisnis mereka bisa kembali cepat bergerak.

"Berbagai produk yang bisa disalurkan mulai dari katering, seragam, berbagai produk pendukung dalam hal manufaktur," tuturnya. (*) roh/stm    FOTO: Pelaku UMKM/ANTARA-Feny Selly

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X