Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Perawatan Aspal Jalan, Kementerian PUPR Tambah Anggaran Beli Karet dari Petani

Ekonomi & Bisnis
17 Sep 2020
Perawatan Aspal Jalan, Kementerian PUPR Tambah Anggaran Beli Karet dari Petani

hariansuara.com, Jakarta - Pemerintah membuat kebijakan dalam urusan infrastruktur. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggarannya untuk aspal jalanan dari bahan campuran karet.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran yang dialokasikan ada sebesar Rp20 miliar. Bahan campuran karet ini dibeli dari petani.

Basuki mengatakan anggaran tersebut masuk dalam program padat karya tunai atau cash for work di masa pandemi Covid-19. Selain itu, kebijakan itu juga untuk pemeliharaan rutin jalan aspal.

“Aspal karet memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa,” kata Basuki seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Kamis, 17 September 2020.

Basuki menyampaikan anggaran ini juga sudah disepakati oleh DPR terutama Komisi V DPR. Nantinya, PUPR akan membuat perencanaan dalam pembelian karet.

Sebelumnya, Basuki mengatakan anggaran untuk membeli karet sudah teralokasi sebesar Rp100 miliar. Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga membeli sebanyak 10 ribu ton. 

Dia menjelaskan tambahan anggaran tersebut digunakan untuk membeli karet langsung dari petani di Bengkulu. Kebijakan ini sebagai upaya mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19.

Imbas pandemi, petani karet ikut terkena gejolaknya. Pendapatan mereka anjlok 70 persen dibanding sebelum kondisi pandemi.

Dia optimis kebijakan bisa membantu petani karet yang saat ini tergeruk akibat Corona. Daerah yang jadi sasaran pemerintah dalam mendapatkan pasokan karet seperti Medan, Palembang, Jambi, Padang, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan. (*) umi/umi         FOTO: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (dua dari kanan)/ANTARA-Fikri Yusuf

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X