Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Teten Masduki: UMKM Perlu Ditingkatkan, Salah Satunya dengan UU Ciptaker

Ekonomi & Bisnis
27 Oct 2020
Teten Masduki: UMKM Perlu Ditingkatkan, Salah Satunya dengan UU Ciptaker

hariansuara.com, Jakarta - Meski menuai penolakan, pemerintah terus menyosialisasikan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja positif untuk perekonomian di Tanah Air. Salah satunya disampaikan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang mengatakan UU tersebut akan membantu sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dan koperasi.

Menurut Teten, dengan UU Cipta Kerja, sektor UMKM bisa dibantu dalam kemudahan regulasi sampai izin.

“Kalau dari acuan dan tujuannya, UU ini bagus untuk menumbuhkan ekonomi UMKM dan memberikan kemudahan bagi mereka," kata Teten dalam Dialog Covid-19: Penerapan Protokol Kesehatan di UMKM secara virtual di Jakarta dan dikutip pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Teten menjelaskan kemudahan bagi UMKM ini mencakup perizinan, pembiayaan. Ia menambahkan kemudahan lainnya dalam urusan izin sertifikasi halal yang juga digratiskan.

“Tujuan awal kami salah satunya melihat UMKM perlu ditingkatkan. Caranya dengan UU Ciptaker," tuturnya. 

Maka itu, ia pun optimis jika diinstruksikan Presiden Jokowi agar bisa mendorong UMKM naik level dengan UU Ciptaker. Keyakinan Teten beralasan karena dalam beberapa pasal itu ada yang mengatur kemudahan UMKM akses pembiayan pasar kemitraan pengembangan usaha kini dipermudah.

Ia menuturkan bahwa pelaku usaha yang sebesar 0,1 persen ekonomi saat ini didominasi dan digerakkan oleh UMKM. Jika ekonomi pulih, pelaku UMKM pun akan melonjak.

Dari catatannya, UMKM jadi salah satu pondasi ekonomi nasional saat krisis 1998 dan 2008. 

Teten menjelaskan untuk 2018 misalnya UMKM Indonesia berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB). Menurut dia, sektor tersebut menyumbang hingga Rp8.573,9 triliun atau 57,8 persen ke PDB Indonesia yang pada 2018 mencapai Rp14.838,3 triliun. 

"UMKM ini harus dijaga. Memang sekarang sedang tergerus. Tapi, saya yakini akan bangkit perlahan-lahan," tuturnya.(*) stm/lia       FOTO: Aksi tolak Omnibus Law UU Ciptaker/ANTARA

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X