Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

Jokowi Minta Pelaku UMKM Optimalkan Pasar Digital Tanah Air

Ekonomi & Bisnis
18 Nov 2020
Jokowi Minta Pelaku UMKM Optimalkan Pasar Digital Tanah Air

hariansuara.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia sebagai negara dengan potensial pasar di sektor digital. Ia meyakini jika dioptimalkan maka akan bantu membuka lapangan kerja baru.

EKs Gubernur DKI itu pun meminta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di di sektor digital memanfaatkan momentum tersebut.

"Ini fakta karena memang potensi pasar digital indonesia tumbuh sangat, sangat menjanjikan," kata Jokowi dalam sambutannya di acara acara Google for Indonesia 2020 dan disampaikan secara virtual, Rabu 18 November 2020.

Jokowi mengingatkan pentingnya penguatan digitalisasi untuk para pelaku UMKM. Sebab, dari 64 juta UMKM hanya 8 juta atau 13 persen pelakunya baru terintegrasi dengan teknologi digital. 

Dia mengatakan pertumbuhan digital di Tanah Air cukup tinggi mengingat pasar internet yang terus meningkat setiap tahunnya. Dengan kondisi itu, harus jadi celah yang bisa dimanfaatkan sehingga memunculkan lapangan kerja baru di tengah pandemi.

"Jika seluruhnya terintegrasi dengan teknologi digital, pertumbuhannya akan semakin besar," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan saat ini yang diperlukan adalah keberanian dalam berwirausaha. Ia yakin hal itu bisa dilakukan agar memunculkan transformasi kemajuan di berbagai lini.

Menurut dia, negara yang berhasil adalah yang bisa memunculkan banyak wirausaha.

"Ini adalah kesempatan untuk mengejar ketertinggalan kita di saat banyak negara maju mengalami kemunduran. Kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental, kesempatan untuk mengeksekusi strategi besar kita," tutur eks Wali Kota Solo itu.

Kemudian, ia menyampaikan wirausaha via UMKM didukung dengan regulasi omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja. Ia optimis regulasi ini mendukung iklim usaha karena memberikan kemudahan dalam perizinan.

Namun, ia menekankan faktor akses pembiayaan yang terbuka semakin besar dan pro-UMKM jadi faktor penting untuk mendukung pengembangan UMKM.(*) stm/zai     FOTO: Presiden Jokowi/Twitter @jokowi (*) lia/umi        FOTO: Presiden Jokowi/Twitter @jokowi

 

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X