Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

UMKM Lesu Terimbas Covid-19, Wapres Ma'ruf: Pemerintah Jelas Ada Program

Ekonomi & Bisnis
11 Dec 2020
UMKM Lesu Terimbas Covid-19, Wapres Ma'ruf: Pemerintah Jelas Ada Program

hariansuara.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah punya program dalam beri bantuan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurut dia, pelaku UMKM dapat prioritas saat krisis yang terimbas pandemi Covid-19.

Ma'ruf mengatakan UMKM tetap menjadi andalan agar ekonomi bisa segera bangkit. Ia bilang UMKM sebagai motor pemulihan ekonomi nasional.

Dia mengatakan memang bukan perkara mudah bangkit dari keterpurukan ekonomi lantaran global juga terdampak. 

"Pemerintah jelas ada program perhatikan kelesuan yang dialami UMKM. Kami soroti. Insentif dan stimulus disiapkan dengan memberikan prioritas dan berpihak kepada usaha mikro, kecil, dan menengah," kata Ma'ruf, saat acara Indonesia Good Design Selection (IDGS) Tahun 2020 yang dikutip dari akun Youtube, Jumat, 11 Desember 2020.

Ma'ruf mengatakan untuk pemulihan ekonomi diperlukan koordinasi antara pusat dengan daerah. Kata dia, iklim usaha mesti dijaga agar investasi datang bermunculan di daerah.

Menurut dia, dengan perhelatan Pilkada 2020 ini jadi momentum bagi kepala daerah terpilih untuk membuat program terobosan yang mendukung UMKM. Ia yakin jika UMKM di daerah kuat pondasinya maka bisa menopang dari hantaman krisis.

"Para kepala daerah harus punya visi misi dalam krisis sekarang. Iklim usaha di daerah masing-masing serta terus mengawal agar industri kecil dan menengah dapat melakukan usahanya dengan produktif," tutur Ma'ruf.

Terkait itu, ia menekankan bahwa sektor UMKM adalah yang paling besar terdampak pandemi. Ia bilang, sudah lebih dari 80 persen UMKM penjualannya menurun di atas 20 persen.

"Saya sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras Menteri Perindustrian yang secara konsisten  menjaga dan mendukung industri kecil dan menengah untuk dapat bertahan dalam masa pandemi Covid-19 ini," kata Ma'ruf.(*) roh/stm      FOTO: Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf/Twitter @jokowi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X