Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Nasional

MRT Jakarta Mau Caplok 51 Persen Saham KCI

Ekonomi & Bisnis
11 Dec 2020
MRT Jakarta Mau Caplok 51 Persen Saham KCI

hariansuara.com, Jakarta - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta berencana mau membeli saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sebesar 51 persen. Saat ini, status PT KCI jadi bagian dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Rencana PT MRT ini menyesuaikan arahan dalam rapat kabinet terbatas yang mendorong perlunya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki 51 persen saham PT KAI.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menjelaskan pihaknya ditugaskan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam pembelian saham PT KCI. Ia bilang instruksi Anies ini juga diiringi dengan penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub).

Menurutnya, jika pembelian saham PT KAI sebesar 51 persen terealisasi maka akan dikelola oleh manajemen perusahaan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

"Sehingga MRT dapat kepemilikan 51 persen pada PT KCI dan sisanya 49 persen dimiliki oleh KAI,” kata William dalam keterangan resmi MRT Jakarta yang dikutip hariansuara, Jumat, 11 Desember 2020.

Wiliam menambahkan, dengan akusisi 51 persen saham di PT KCI maka akan memberikan kewenangan Pemrov DKI memanfatkan kawasan di sekitaran Transit Oriented Development (TOD). Tujuannya agar integrasi yang selaras dengan pembangunan transportasi Pemrov DKI Jakarta.

“Ini adalah inisiatif win-win dengan demikian akan meningkat kulitasnya. Karena kualitas stasiunnya, meningkatnya stasiun lebih bagus dan tentu akan meningkatkan dari penumpang dan layanan KAI akan baik," jelas William.

Namun, ia menekankan saat ini masih dalam proses due diligence atau nilai aset PT KCI yang dilakukan oleh konsultan. Nantinya turut secara mengawasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Terkait itu, PT MRT saat ini hanya bisa membuat pagu untuk akuisisi KCI dengan nominal Rp1,7 triliun. Namun, akuisisi ini belum bisa dipastikan karena masih tahap proses due diligence.(*) stm/stm      FOTO: Stasiun Cipete MRT Jakarta/@Twitter @mrtjakarta

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X