Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Usia 79 Tahun, DJ Wika Asal Polandia Melawan Tua!

Inspirasi
13 Mar 2018
Usia 79 Tahun, DJ Wika Asal Polandia Melawan Tua!

hariansuara.com, Jakarta - Di Rusia, seperti halnya di Polandia atau negara lainnya, ada keyakinan bahwa para manula itu sejatinya menetap di rumah dengan mengabdikan diri pada keluarga, duduk dengan cucu-cucu mereka, menonton TV atau membaca surat kabar. 

Namun, nenek yang satu ini bosan dengan kehidupan "tuanya". Nenek itu bernama Wirginia Szmyt atau dikenal sebagai DJ Wika.   Tak peduli tua dan dinginnya klub malam, DJ uzur ini lebih memilih memberi kesenangan bagi ribuan orang untuk berdansa dengan musik yang dia pilih.

Penasaran dengan cerita nenek DJ ini? berikut petikan wawancaranya seperti dikutip dari laman Sputnik News Polandia.

Bagaimana mungkin Anda menjadi DJ di usia seperti ini?

Saya tidak bisa merajut. Saya sudah bermain selama dua puluh tahun. Ketika saya pensiun, saya tidak tahu akan menjadi seorang DJ. Saya melihat ke sekeliling dan rindu usia tua di kehidupan publik. Saya memberontak karena pernah muda dan cantik. Dunia tidak dibuat muda dan indah. Dunia terdiri dari muda, tua, cacat, jelek, baik. Setiap orang adalah manusia. Mereka ingin hidup dan bahagia. Dan setiap orang harus dihormati dan saya merindukannya. Di usia tua itu tidak terlihat.

Siapa yang mengajari Anda untuk men-DJ?

Saya belajar sendiri dan belajar segalanya dalam hidupku sendiri. Saya selalu mengatakan orang harus meletakkan kemerdekaan mereka sendiri. Ini bukan saatnya kita bisa melawan seseorang. Inilah masa pertempuran. Inilah saatnya Anda harus kuat.

Pertama, saya mulai bermain ketika di pub saya bertemu dengan DJ muda yang mengatakan kepada saya bahwa Anda perlu mengenal komputer. Ya, saya harus menguasai komputer. Kemudian langkah berikutnya untuk bermain di pub adalah membeli mixer.  Maka saya perlahan belajar. Mereka menunjukkan kepada saya bagaimana cara mixing, bagaimana semuanya dilakukan. Saya membeli buku panduan "ABC untuk belajar internet".

Di mana Anda biasa men-DJ di Polandia, di Warsawa?

Di Warsawa, saya bermain secara teratur di "Hula Kula." Di pusat hiburan yang besar ini, 2.000 orang dansa di lantai dansa, bayangkan, orang-orang berusia antara 16 dan 90 tahun bermain, dan lantai dansa selalu penuh. Banyak bahasa Latin, juga banyak potongan lagu modern, kadang-kadang disco.

Dan saya pikir saya  tidak akan duduk seperti pot bunga, saya hanya akan hidup seperti di tahun-tahun muda saya. Karena saya bekerja di sebuah fasilitas pemasyarakatan, saya adalah seorang guru yang istimewa dan jika saya mengajar orang lain untuk hidup, sulit bagi saya untuk tidak dapat melakukannya sendiri. Terlepas dari semua yang akan saya jalani dan lakukan apa yang saya suka, suka atau tidak. Inilah hidupku dan saya  tidak peduli apa yang mereka katakan tentang saya.

 Lantas bagaimana dengan tangapan keluarga?  anak-anak atau cucu?

Saya tidak pernah memerintah anak-anak, karena mereka sudah tua juga dan berusia 50 tahun. Dan cucu-cucu saya berusia 30 dan 28 tahun. Saya tidak memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Mereka orang baik dan bekerja. Apa yang harus mereka katakan kepada saya, apa yang harus saya lakukan? (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X