Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Soal Harapan Itu Harus Ada di Kita

Inspirasi
10 Jun 2018
Soal Harapan Itu Harus Ada di Kita

hariansuara.com, Jakarta - Semua orang hidup punya Harapan agar bisa sukses dan hidup bahagia.  Harapan hidup membuat seseorang hidup bermakna dan bermanfaat. 

"Bagaimanapun, banyak orang merasa sudah mentok atau maksimal, bahkan ada yang layu sebelum berkembang, merasa gagal sebelum berjuang, sehingga menjadi putus asa dan menyerah serta hidup tanpa harapan." kata Teng Hui, Inspirator dan Motivator. 

Teng Hui Mengatakan Harapan adalah tindak memohon, meminta dengan kesadaran agar sesuatu terjadi atau menjadi kenyataan.  Harapan juga bisa berarti keinginan besar supaya menjadi kenyataan.  Harapan juga bisa berarti barang atau orang yang diharapkan atau digantungi.  Harapan juga bisa berarti semestinya, contoh “harapan hidup”.

Harapan aktif positif adalah pengharapan agar diri sendiri atau orang lain hidup selamat atau menjadi berguna.  Di konteks ini digunakan kata "nafsu keinginan untuk terjadinya atau munculnya sesuatu", sehingga jika yang diharapkan tidak terjadi, kekecewaan bisa muncul, bahkan sampai menderita karena ikatan pada harapan tersebut. 

Harapan pasif positif adalah pengharapan orang lain agar diri kita hidup selamat atau menjadi berguna. Pada konteks ini pun nafsu keinginan tetap memiliki peran. Jika pada kenyataannya diri kita tidak sesuai dengan harapan orang tersebut, ia akan kecewa, bahkan sampai menderita karena ikatan pada harapan tersebut. 

Harapan aktif negatif adalah pengharapan agar diri kita atau orang lain menjadi dirugikan atau menjadi celaka. Jika kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kekecewaan bisa muncul, bahkan sampai menderita karena ikatan pada harapan tersebut.

Harapan pasif negatif adalah pengharapan orang lain kepada diri kita untuk menjadi dirugikan atau menjadi celaka.  Jika kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kekecewaan  muncul, bahkan sampai menderita karena ikatan pada harapan tersebut.

Harapan aktif netral adalah pengharapan yang selalu diwarnai dengan kesadaran penuh dan kewaspadaan diri agar diri sendiri atau orang lain menjadi berguna dalam hidupnya. 

Di konteks ini, baik kenyataannya sesuai maupun berbeda, batin dapat tetap tenteram dan terjaga keseimbangannya, tidak terguncang, terhanyut oleh arus. 

Harapan pasif netral adalah pengharapan orang lain dengan kesadaran penuh dan kewaspadaan agar diri kita menjadi berguna dan bermanfaat serta mendapatkan keselamatan. 

Kenyataan apapun muncul, batin orang tersebut tetap seimbang dan tenteram.  Dalam mengarungi kehidupan, harapan sangat dibutuhkan untuk bersemangat meraih sukses, namun juga bisa membuat kita putus asa dan menyerah.  Dengan melatih kesadaran dengan baik dan benar serta mawas diri, harapan niscaya menjadi kenyataan. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X