Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Novelis Muda Indonesia Eka Kurniawan Menerima Prince Claus Awards

Inspirasi
09 Dec 2018
Novelis Muda Indonesia Eka Kurniawan Menerima Prince Claus Awards

hariansuara.com, Jakarta - Eka Kurniawan, penulis Indonesia menerima penghargaan Prince Claus Awards di Belanda.  Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A.Wesaka Puja menghadiri upacara penyerahan Prince Claus Awards oleh Pangeran Constantijn di Royal Palace, Amsterdam. 

Dari keterangan KBRI Denhaag,  Dubes Puja menyatakan sangat bangga dengan terpilihnya Eka Kurniawan, sebagai salah satu dari tujuh penerima penghargaan tahun 2018. 

"Dunia internasional semakin mengetahui dan mengenal karya-karya besar anak bangsa. Hal ini tidak hanya akan semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, tetapi juga diharapkan dapat memberikan motivasi dan kepercayaan diri kepada pemuda Indonesia untuk berkarya dan menuangkan kreatifitasnya." katanya.

Hasil karya Eka Kurniawan yang sering disejajarkan dengan penulis Gabriel Garcia Marquez dan Haruki Murakami ini dinilai unik dalam pendekatan penulisannya. Novelnya yang berjudul “Cantik itu Luka” (2002) adalah karya satire yang lucu sekaligus mengisahkan tragedi keluarga yang menggambarkan topik yang jarang disorot, yakni kekerasan fisik dan seksual di masa kolonialisme Belanda dan Jepang, dan kediktatoran Presiden Suharto. Karyanya tersebut telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa.

Eka Kurniawan yang merupakan lulusan Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada tersebut mempelajari dari dekat karya-karya Pramoedya Ananta Toer hingga akhirnya mengembangkan gayanya sendiri dalam menggambarkan rumitnya perkembangan sejarah Indonesia masa kini melalui fiksi. Tulisannya memadukan elemen tradisi setempat, sejarah dari mulut ke mulut, pencak silat, dan bahkan komik horror untuk menggambarkan pengalaman masyarakat yang sangat berlapis.(*)

(Foto: Prince Claus Awards  / KBRI Denhaag)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X