Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Komik Superhero Buatan Anak Negeri yang Bantu Perangi Kekerasan di Sekolah Diapresiasi UNICEF

Inspirasi
17 Jul 2019
Komik Superhero Buatan Anak Negeri yang Bantu Perangi Kekerasan di Sekolah Diapresiasi UNICEF

hariansuara.com, Jakarta - Seniman dan aktivis muda dari Makassar belum lama ini meluncurkan buku komik yang dirancang untuk membantu menjaga anak-anak dan remaja dari bahaya kekerasan di dalam dan sekitar sekolah.

Rizka Raisa Fatimah Ramli yang berusia 18 tahun yang menjadi pemenang Kontes Superhero Komik UNICEF dan Komik Bangsa-Bangsa mempersembahkan buku komiknya, berjudul CIPTA,  kepada para pemimpin dari pemerintah, bisnis, masyarakat sipil dan badan-badan PBB, serta 100 anak-anak dan kaum muda, di Forum Politik Tingkat Tinggi PBB diadakan di New York.

Rizka menciptakan superhero Cipta untuk membantu menghentikan kekerasan dan intimidasi yang dihadapi anak-anak di dalam dan di sekitar sekolah setiap hari di Indonesia dan di seluruh dunia. Dalam buku komik, Cipta mengalahkan kekuatan yang tak terlihat dan memulihkan perdamaian di sekolah.

“Saya berharap Cipta dapat menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan, terutama mereka yang takut untuk berbicara,” kata Rizka. "Melalui komik, saya ingin membantu anak muda mengatasi ketakutan mereka dan menggunakan kekuatan super mereka sendiri untuk menghentikan intimidasi dan kekerasan, termasuk melalui seni dan ekspresi, seperti menggambar, menulis, aktivisme, atau akting."

Sejak memenangkan kontes awal tahun ini, Rizka telah bekerja dengan tim profesional buku komik di Amerika Serikat untuk menghidupkan konsepnya. Dia dibimbing oleh DeCheser Media dan didukung oleh Tim Lattie yang terkenal dengan desain komik Ghostbusters, Teenage Mutant Ninja Turtles, Plants vs Zombies dan Night Stars dan mendapat sesi mentoring dengan komikus internasional, Gabriel Picolo.

Rizka bekerja bersama tim dalam proses penulisan, penulisan, panel, dan pewarnaan untuk menghasilkan buku komik setebal 10 halaman yang dinamai menurut superhero pemenangnya, Cipta.

Kontes Superhero Komik Superhero UNICEF dan Komik Bangsa-Bangsa - yang diluncurkan pada Oktober 2018  menyerukan kepada anak-anak dan remaja untuk membuat komik superhero yang dapat menjaga siswa aman dari kekerasan di dalam dan di sekitar sekolah, termasuk bullying.

"Cipta adalah metafora yang kuat untuk para pahlawan super muda di seluruh dunia yang mengambil tindakan terhadap kekerasan dan intimidasi di dan sekitar sekolah," kata Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore.

“Ketika kita menandai peringatan 30 tahun adopsi Konvensi Hak-Hak Anak, saya tidak ragu bahwa anak muda di seluruh dunia, termasuk Rizka, akan menginspirasi para pemimpin dunia untuk mengambil tindakan demi hak setiap anak.”(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X