Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Buat Anak Jatuh Cinta pada Buku

Inspirasi
06 Oct 2019
Buat Anak Jatuh Cinta pada Buku

hariansuara.com, Jakarta - Buku adalah jendela dunia, demikian kata orang bijak. Karena itu banyak orang tua yang ingin sekali membuat anak-anaknya gemar membaca buku. Dengan membaca, database ilmu pengetahuan anak akan membukit, wawasannya pun akan luas. Kelak dewasa, ia siap berkompetisi di masyarakat. Kapan sebaiknya orang tua mulai mengenalkan buku kepada anak? 

Sebelum menjawab, yang perlu digarisbawahi, dunia anak adalah dunia bermain. Jadi, dalam mengenalkan, lalu membuatnya jatuh cinta pada buku, prosesnya harus dilakukan lewat cara bermain dan berinteraksi. Harus fun. Bukan mendoktrin, yang dikhawatirkan, anak jadi ill feel begitu melihat buku. 

Foto: @amazonbooks

 

Proses Berbahasa Sejak Anak dalam Buaian

Proses anak belajar mengakrabi buku diawali dengan penguasaan kemampuan berbahasa. Sejak anak dalam buaian, sejatinya Anda sudah mengajarinya berbahasa. Tanpa disadari, ketika Anda menggendong, lalu menatapnya mesra dan berbicara lembut padanya, anak sudah belajar keterampilan dasar berbahasa, yaitu mendengar. Ia memahami kalau berkomunikasi itu kegiatan yang menyenangkan. 

Kemudian dari kebisaan mendengar itu, anak tahu-tahu terampil berbicara. Perhatikan bagaimana anak mulai mengoceh sendiri, lalu berinteraksi dengan orang di sekelilingnya dalam bahasa yang dipahaminya sendiri. Ini momen penting bagi orang tua untuk menciptakan lingkungan yang komunikatif. Beri anak banyak stimulus dalam berbahasa sehingga ia memiliki kosa kata yang kaya. 

Dari keterampilan mendengar dan berbicara, seiring bertambahnya usia, anak akan belajar menulis dan membaca. Orang tua bisa melatih otot motorik anak agar terampil menggunakan alat tulis dengan memberinya permainan susun balok, misalnya. Di samping itu, rutinlah membacakan buku cerita saat anak menjelang tidur. Bila konsisten dilakukan, anak akan terbiasa bergaul dengan buku.

Foto: @amazonbooks

Tip membuat anak jatuh cinta pada buku selamanya:

1. Sedini Mungkin, Akrabkan Anak dengan Buku 

Anak Anda belum lagi genap setahun, katakan demikian, apakah sudah bisa mengenalkan buku padanya? Tentu saja. Tidak ada batasan umur. Meski belum paham isi yang tertuang dalam buku, setidaknya ia sudah belajar bahwa buku mengandung hal-hal yang menarik. Pastikan gambar-gambarnya berwarna-warni. Menurut teori warna, pulasan rona yang cerah seperti merah menyala, hijau kinclong dan kuning terang akan menstimulasi mood anak jadi gembira. 

2. Jadikan Mendongeng dan Membaca Buku Ritual yang Menarik

Ada banyak buku cerita anak yang bagus di toko buku. Silakan pilih cerita yang pas untuk buah hati Anda. Sebaiknya Anda baca tuntas buku itu, lalu bisa mendongengkannya atau membaca buku tersebut dengan gaya bercerita yang lebih hidup. Jadikan kegiatan ini ritual yang ditunggu-tunggu oleh si kecil. 

3. Ajak Anak ke Perpustakaan 

Untuk mengakrabkan anak dengan buku, ajak si kecil ke perpustakaan. Tentu pastikan Anda membuatnya nyaman agar ia tidak rewel atau menangis, sehingga tidak mengganggu pengunjung lainnya. Perpustakaan besar umumnya punya koleksi buku bacaan untuk anak-anak. Bila perlu, buatkan anak kartu perpustakaan sendiri. 

4. Biarkan Anak Memilih Buku Cerita yang Disukainya

Saat anak beranjak besar, ia sudah punya ketertarikan pada buku yang disukainya, biarkan. Ikuti saja kemauannya, yang penting anak berminat membaca. Anda bisa mengawalnya dengan membaca juga buku yang anak baca. 

5. Ganti Minta Anak Mendongeng atau Membacakan Cerita untuk Anda

Berulang kali membacakan buku cerita yang sama untuk si kecil, sah saja. Toh anak perlu mendengarkan kisah cerita berulang kali sampai memahaminya. Sebagai variasi, bisa Anda ganti memintanya mendongeng cerita itu atau membacakannya. 

6. Buat Perpustakaan Mini Khusus Untuknya

Ajak anak Anda mengumpulkan koleksi buku-bukunya dan menata rapi di rak mini khusus miliknya. Biarkan dia terbiasa menata buku di rak usai membaca. 

7. Tak Kalah Penting, Tunjukkan Kalau Anda Juga Hobi Membaca

Anak belajar dari meniru perilaku dan kebiasaan orang tua. Cara yang paling mudah membuat anak mencintai buku, ya dengan mencontohkannya. Biasakan Anda membaca buku setiap hari, lalu Anda berikan dia buku bacaannya sendiri. Orang tua membaca, anak membaca. Lakukan setiap hari secara teratur, maka anak pun akan hobi membaca seperti Anda. (*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X