Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Inspiratif Banget, 2 Perempuan Ilmuwan Muslim Ini Bikin Harum RI

Inspirasi
20 Dec 2020
Inspiratif Banget, 2 Perempuan Ilmuwan Muslim Ini Bikin Harum RI

hariansuara.com, Jakarta - Kabar gembira disampaikan Presiden RI Joko Widodo terkait kabar dua perempuan muslim yang juga ilmuwan membuat harum negara di dunia internasional. Dua perempuan inspiratif itu yakni Prof. Adi Utarini dan Tri Mumpuni.

Adi Utarini peneliti yang masuk daftar 'Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020'. Ia juga diketahui masuk dalam Anggota Dewan Riset Nasional Komis Teknis Kesehatan dan Obat Periode 2019 - 2022.

Rentetan penghargaan sudah diraih perempuan yang akrab disapa Prof UU tersebut. Salah satunya Habibie Award Periode XXI Tahun 2019 pada Bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi.

Kali ini, Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM tersebut disorot dunia karena karyanya. Ia memiliki jurnal sains Nature dan beberapa kali jadi literatur sejumlah negara.

Dalam karirnya, Prof Uut alumni Fakultas Kedokteran UGM pada 28 Desember 1989. Ia pun mengabdi sebagai dosen UGM untuk mata kuliah Ilmu Kesehatan Masyarakat. 

Nah, dunia mengapresiasi pengabdiannya di dunia kesehatan karena berhasil memimpin sejumlah uji coba teknologi di Indonesia. Uji coba itu terkait memberantas penyakut berbahaya yakni demam berdarah.

"Prof. Adi Utarini masuk daftar "Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020" dari jurnal sains Nature," demikian petikan cuitan Presiden Jokowi di akun Twitternya, @jokowi yang dikutip hariansuara pada Minggu, 20 Desember 2020.

Selanjutnya, perempuan tangguh yang bikin bangga rakyat Indonesia adalah Tri Mumpuni. Menurut Jokowi, Tri masuk 22 Most Influential Muslim Scientists. Bukan penghargaan sembarangan untuk warga negara Indonesia.

Nama Tri mencuat sebagai wanita listrik di desa terpencil. Dikenal sebagai perempuan sederhana, Tri punya fokus membantu pengembangan kemandirian masyarakat di kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

"Melalui IBEKA, Ibu Tri membangun setidaknya 65 PLTMH di desa-desa di berbagai pelosok Nusantara," tambah cuitan Jokowi.

Perempuan 56 tahun itu pernah dikenal luas karena membantu penerangan listrik 60 daerah terpencil. Karena totalitasnya itu, ia pernah menyabet penghargaan Ashden Awards 2012.

Lulusan Chiang May University, Thailand itu punya penelitian terkait penerangan listrik dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Imbas karya Tri membantu sumber energi listrik untuk daerah terpencil yang belum terjangkau PLN.(*) lia/lia      FOTO: Prof. Adi Utarini dan Tri Utami/Twitter @jokowi

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X