Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Perempuan Itu Hebat Bila ...

Inspirasi
21 Feb 2021
Perempuan Itu Hebat Bila  ...

hariansuara.com, Jakarta - Hebat, kata orang bijak pandai, adalah satu dari tabiat kaum perempuan. Anda yang wanita pasti tersenyum senang mendengarnya. Namun, tahukah, bahwa konsep perempuan hebat itu, seiring berjalannya waktu, punya beragam nuansa.

Seperti diulas dalam lembaran para cendikia, perempuan hebat itu adalah jika ia melakukan banyak prestasi membanggakan, tetapi tetap dalam koridor fitrahnya yang mulia sebagai perempuan. Apakah itu?

Mereka yang sangat menyayangi anak-anaknya sedari mereka kecil hingga mereka dewasa, serta mampu menjaga harta suaminya. 

Di samping itu, sejatinya realita berikut ini yang juga diakui oleh Kaum Adam atau para lelaki di dunia ini, bahwa perempuan itu hebat, karena mampu melakukan sejumlah pekerjaan dalam satu waktu. Istilahnya, multitasking

Ananto, seorang ayah muda dari seorang putri batita (bawah tiga tahun) begitu terpukau pada sosok perempuan. Dilihatnya mulai dari ibundanya sendiri, lalu istri dan juga kakak-kakak dan adik perempuannya.                                        

“Kita lihat saja dalam keseharian. Perempuan sambil memasak, ia bisa nyambi menanggapi celoteh si Kecil yang mulai pandai bicara. Di sela itu, ia masih sempat juga mengontrol mesin cuci pakaian yang berdengung tanda selesai. Tidak hanya itu. Ia kemudian mengambil handphone-nya untuk memantau business online yang dimilikinya.  

“Jadi, perempuan itu hebat sekali. Sementara laki-laki kalau bekerja 1 macam pekerjaan, di sela dengan hal lain kebanyakan masih butuh switch on mode dulu. Butuh waktu buat loading,” puji Ananto.

Karunia Allah Corpus Collasum untuk Wanita

Rahasia kebisaan wanita dalam ber-multitasking rupanya adalah karena karunia Allah untuk kaum wanita, sehingga ia hebat dalam mendobel dan tripel pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

Karunia tersebut adalah Corpus Callosum pada otak perempuan yang 30% lebih besar daripada laki-laki. Ini adalah seikat serabut saraf yang terdapat di antara belahan otak kiri dan kanan yang menghubungkan dan memungkinkan terjalinnya komunikasi antara kedua belahan otak tersebut.

Inilah yang memungkinkan wanita bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Pesan yang bisa diambil adalah jangan pernah remehkan perempuan, entah ibu, istri, kakak-adik atau anak kita sendiri. Sebab, begitu perempuan turun tangan mengerjakan sesuatu, maka semua urusan beres. Untuk itu, perempuan akan hebat lagi jika terus meningkatkan kualitas dirinya. 

Proaktif untuk Selalu Jadi Pemenang 

Rosana Dewi Yunita, M.Si, Psikolog, berbagi konsep perempuan hebat yang sangat menarik. Pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Jakarta ini menyatakan, bahwa wanita akan menjadi hebat ketika ia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sehat dan mendukung. 

Jiwanya akan menjadi tenang dan ia bisa lebih fokus pada tugas-tugasnya atau pun perannya. Apakah ia sebagai ibu, istri, atau peran lain dalam lingkup sosial kemasyarakatan. 

“Namun,hidup ini tidak selalu berjalan lurus dan mulus. Misalnya, lingkungan yang kurang kondusif atau keluarga tidak mendukung. Tetapi, seorang wanita yang hebat akan tetap bisa menjadi hebat dengan menjadi ’pemenang’ dari segala kesulitan yang dihadapinya,” ujar Rosana Dewi Yunita dari ruang praktiknya di Klinik Schema, Depok.

Perempuan yang hebat dapat mengambil hikmah dari peristiwa yang dialami, seburuk apa pun, lalu senantiasa mencari alternatif pemecahan dari masalahnya. Ia tidak duduk diam, lalu terpuruk dan menyerah pada permasalahan. Tetapi ia proaktif untuk selalu jadi pemenang.

“Memang untuk menjadi perempuan yang kokoh dalam pertarungan dengan ujian kehidupan itu butuh waktu. Namun dengan tetap berupaya agar tidak putus asa, lalu mencari sumber-sumber yang bisa menguatkan jiwa raga dan spiritualnya, maka ia akan dapat terus melangkah hingga akhirnya mencapai cita-citanya," tandas Ibu tercinta dari tiga buah hati yang beranjak besar. 

Sekarang, pilihan ada di tangan Anda semua, kaum perempuan Indonesia. Anda punya kelebihan anugerah Corpus Callosum tersebut, dan seperti diurai Psikolog Rosana Dewi Yunita tadi, tinggal Anda mengasah kelebihan diri untuk proaktif berikhtiar jadi pemenang dalam menghadapi permasalahan, tantangan dan ujian hidup yang ada.

Selamat jadi pemenang, wahai perempuan Indonesia yang hebat! (*) mel/mel    Foto: istockphoto.com, Shutterstock & Dok Pri  

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X