Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Muslimat NU Jember Adakan Pelatihan Pemasaran Bisnis Online 

Inspirasi
12 Mar 2021
Muslimat NU Jember Adakan Pelatihan Pemasaran Bisnis Online 

hariansuara.com, Jember - Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU (Nahdlatul Ulama) Jember, Jawa Timur, Nyai Emi Kusminarni, terus meningkatkan keterampilan kaum perempuan di bidang ekonomi. 

Agar tidak ‘ketinggalan kereta’, menurut Nyai Emi, kaum perempuan mesti melek teknologi dan menerapkannya untuk memasarkan hasil produksinya. Istilah kekiniannya, berbisnis online.

“Kader-kader aktif memproduksi camilan sampai kerajinan. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, mau tidak mau mesti belajar memasarkannya secara online. Sekarang eranya digital dan setiap orang pegang telepon selular. Kita manfaatkan peluang ini, berbisnis online,” ujar Nyai Emi terkait pelatihan bertajuk Training Teamwork Marketing di Aula Lansia, gedung PC Muslimat NU Jember kemarin (11/3/2021). 

Peserta pelatihan ada 60 orang, terdiri dari 26 perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan unsur PC Muslimat NU Jember. Mereka menyimak uraian dari aktivis brand lokal dan dealmaker, Muhammad Firdaus Ramadhan, yang mudah dipahami, juga mendapat tip dan trik sukses.

Solusi Pemasaran dan Terus Bersemangat 

Masalah yang sering dijumpai dalam suatu usaha adalah pemasaran. Produk lancar, tetapi kemudian menjadi masalah ketika hasil produksi itu tidak semuanya terserap di pasar. Alhasil, produk-produk masih banyak, dan ini menyurutkan semangat untuk berusaha.

Nyai Emi menandaskan lagi, kaum perempuan mesti paham teknologi informasi dan memanfaatkannya di jalan yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. 

“Dalam dunia usaha, misalnya, teknologi informasi ini bisa memecahkan kesulitan pemasaran. Bisnis berjalan terus, ekonomi keluarga terbantu, dan para ibu masih bisa mengurus rumah tangga. Tinggal mau belajar, jeli melihat peluang bisnis dan selera konsumen,” urainya.

Disampaikan Nyai Emi lagi tentang teladan Ibu Siti Khadijah, istri Rasulullah SAW, pengusaha yang sukses. Dengan keberhasilannya itu, materi yang didapat digunakan di jalan Allah, menopang perjuangan Rasulullah dalam menyiarkan ajaran Islam. Sekarang, para istri punya usaha, pendapatannya bisa untuk membantu ikhtiar suami menyejahterakan keluarga. (*) aini/mel     Foto: IST

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X