Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Inspirasi

Yeni Fatmawati Luncurkan Buku Antologi Puisi dan Karya Lukis

Inspirasi
05 Feb 2018
Yeni Fatmawati Luncurkan Buku Antologi Puisi dan Karya Lukis

hariansuara.com, Jakarta -  Yeni Fatmawati Fahmi Idris untuk pertama kalinya meluncurkan buku antologi puisi dan lukisan karyanya yang dikemas dalam tema Aku Perempuan Musafir-Mu di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Buku yang mengemas 29 judul puisi bersama dengan 35 lukisan karyanya sebagai ilustrasi, Yeni bertutur tentang inspirasi kehidupannya sehari-hari dan perjalanan spiritualnya dari masa ke masa melalui syair dan karya rupa. 

Turut hadir dalam acara peluncuran, Maestro Lukis Jeihan Sukmantoro, yang membuat lukisan Yeni sebagai cover buku dan penyair Taufiq Ismail yang memberikan prolog dalam buku antologi puisi ini.

Yeni Fatmawati adalah sedikit dari penyair perempuan di Indonesia yang lahir dari latar belakang yang sangat beragam. Yeni yang berprofesi sebagai lawyer dan sebelumnya telah malang melintang di berbagai perusahaan ternama sebagai direktur legal dan corporate affairs, kini banyak mendedikasikan dirinya untuk kegiatan sosial dan kreatif.

Taufiq Ismail dalam prolog buku Aku Perempuan Musafir-Mu menulis, “Dalam perjalanan hayat di dunia ini, terasa betul bahwa Yeni sungguh seorang pejalan, seorang musafir muslimah yang faham makna kehidupan yang dilangkahkannya.” 

Ia menambahkan, “Yeni Fatmawati, sesuai dengan profesinya sering sekali melakukan perjalanan ke berbagai negara, yang dicatatnya dalam baris-baris sajak. Hal ini langka terjadi dengan banyak penyair lainnya.” 

Yeni aktif mengikuti berbagai kegiatan pameran seni lukis dan patung dan telah melakukan berbagai pameran baik di Indonesia hingga Jepang. Dia telah menerbitkan dua antologi puisi kolaborasi antara lain Perempuan, Perempuan dan Resonansi Tiga Hati, juga menjadi salah satu inisiator dalam penerbitan buku Kisah Berhikmah yang merupakan kumpulan kisah terbaik tentang buruh migran Indonesia di luar negeri.  

Atas kecintaan Yeni untuk menjaga alam, Yeni yang juga Duta Gerakan Gandrung Tatangkalan (Rakgantang) akan mendonasikan sebagian dari hasil penjualan buku antologi puisi dan lukisannya untuk merevitalisasi lahan kritis di Daerah Aliran Sungai Citarum Jawa Barat.

“Saya senang sekali kisah perjalanan saya melalui karya puisi dan lukisan mendapat apresiasi yang sangat baik dari pecinta sastra dan lukis, juga rekan-rekan yang hadir, sekaligus dapat memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan di Indonesia,” tutur Yeni. (*)

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X