Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Iran Akan Menghukum Mereka yang Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan Pesawat Ukraina

Internasional
12 Jan 2020
Iran Akan Menghukum Mereka yang Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan Pesawat Ukraina

hariansuara.com, Jakarta - Presiden Iran Hassan Rouhani meminta maaf atas jatuhnya pesawat Ukraina dan berjanji bahwa setiap orang yang bertanggung jawab atas tragedi itu akan dihukum.

Setelah percakapan dengan mitranya dari Iran, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan di halaman Twitter resminya bahwa mengakui penembakan pesawat adalah langkah ke arah yang benar.

"Saya bersikeras untuk segera menyelesaikan identifikasi mayat dan kepulangan mereka ke Ukraina," kata Zelensky. "Para pelaku harus dimintai pertanggungjawaban. Kami menantikan kerjasama hukum dan teknis lebih lanjut."

Presiden Iran meyakinkan Zelensky bahwa semua orang yang terlibat dalam kecelakaan pesawat akan bertanggung jawab dan kelompok ahli Ukraina akan mendapatkan semua dukungan yang diperlukan untuk kerjasama efektif lebih lanjut di bidang hukum dan teknis.

Rouhani mengatakan akan memberikan instruksi agar jenazah warga negara Ukraina yang tewas akan dikembalikan ke rumah sesegera mungkin.

Zelensky mengatakan kepada mitranya bahwa Kementerian Luar Negeri Ukraina akan segera mengirim catatan ke Iran dengan daftar yang jelas dari semua langkah selanjutnya, termasuk aspek hukum untuk menyelesaikan masalah kompensasi.

Rouhani mengatakan pada hari Sabtu bahwa serangan rudal tidak disengaja  Pasukan Iran disebabkan karena kesalahan manusia.

Sebanyak 167 penumpang dan sembilan awak tewas pada hari Rabu setelah Boeing 737 jatuh. Pesawat itu jatuh sekitar pukul 6 pagi waktu Teheran (0230 GMT) tak lama setelah lepas landas.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X