Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Misi Rahasia Dilancarkan Australia Untuk Menyelamatkam "Pohon Dinosaurus" Dari Kebakaran Hutan

Internasional
16 Jan 2020
Misi Rahasia Dilancarkan Australia Untuk Menyelamatkam "Pohon Dinosaurus"  Dari Kebakaran Hutan

hariansuara.com, Jakarta - Sebuah operasi rahasia petugas oleh pemadam kebakaran spesialis telah menyelamatkanpohon Wollemi Pines, spesies pra-bersejarah di dunia yang dikenal sebagai "pohon dinosaurus", dari kebakaran hutan Australia.

Kurang dari 200 pohon ada di alam liar, tersembunyi di jurang di Warisan Dunia Blue Mountains barat laut Sydney, yang telah dilanda salah satu kebakaran hutan terbesar yang telah merusak sebagian besar Australia selama berbulan-bulan.

Petugas pemadam kebakaran mengerahkan tanker udara untuk menjatuhkan penghambat api di sekitar pohon sementara petugas pemadam kebakaran spesialis diterjunkan ke bawah untuk membuat sistem irigasi untuk memberikan kelembaban bagi hutan.

Matt Kean, menteri lingkungan hidup untuk negara bagian New South Wales yang meliputi Blue Mountains, menggambarkan operasi itu sebagai misi perlindungan lingkungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara beberapa pohon hangus oleh api, hutan itu diselamatkan dari kebakaran.

Pohon-pohon bersejarah diyakini punah sampai hutan Wollemi ditemukan pada tahun 1994. Lokasi itu tetap menjadi rahasia yang dijaga ketat untuk melindungi pohon dari kontaminasi pengunjung.

"Kunjungan ilegal tetap menjadi ancaman signifikan bagi kelangsungan hidup Wollemi Pines di alam liar karena risiko menginjak-injak tanaman regenerasi dan memperkenalkan penyakit yang dapat menghancurkan populasi yang tersisa," kata Kean.

Pohon-pohon telah disebarkan dan didistribusikan ke kebun botani di seluruh dunia untuk melestarikan spesies, tetapi hutan Wollemi adalah satu-satunya kumpulan pohon liar.

Kebakaran hutan di Australia sejak Oktober merenggut 28 nyawa, menghancurkan lebih dari 2.000 rumah dan membakar 10 juta hektar tanah.

Sekitar satu miliar hewan mungkin telah mati dalam kebakaran yang telah mendorong banyak spesies mendekati kepunahan.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X