Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Pria di Arizona Meninggal Setelah Konsumsi Obat Klorokuin

Internasional
24 Mar 2020
Pria di Arizona Meninggal Setelah Konsumsi Obat Klorokuin

hariansuara.com, Jakarta - Seorang pria asal Arizona meninggal dunia dan istrinya dalam kondisi kritis setelah  mengonsumsi klorokuin fosfat.

Pasangan yang berusia 60-an ini mengalami kesulitan langsung setelah menelan obat tersebut, menurut Rumah Sakit Kesehatan Banner di Phoenix.

Sebelumnya, klorokuin fosfat disebut Presiden AS Donald Trump sebagai obat yang efektif terhadap Covid-19.

Pada hari Sabtu (21 Maret), Trump dalam postingan di twitternya menuliskan  tentang kombinasi hydroxychloroquine dan azithromycin yang  memiliki peluang nyata untuk menjadi salah satu pengubah permainan terbesar dalam sejarah kedokteran.

Namun ahli penyakit menular, Anthony Fauci, menyanggah klaim tersebut dengan mengatakan hal itu harus diuji terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan kemanjurannya.

"Chloroquine, obat malaria, tidak boleh dicerna untuk mengobati atau mencegah virus ini," kata Banner Health dalam sebuah pernyataan.

Saat ini tidak ada vaksin atau perawatan yang disetujui untuk penyakit ini, tetapi para peneliti sedang mempelajari perawatan yang ada dan bekerja pada yang eksperimental. Saat ini, sebagian besar pasien hanya dapat menerima perawatan suportif.

“Mengingat ketidakpastian seputar Covid-19, kami memahami bahwa orang berusaha menemukan cara baru untuk mencegah atau mengobati virus ini, tetapi mengobati sendiri bukanlah cara untuk melakukannya,” kata Dr Daniel Brooks, Direktur Medis Pusat Informasi Racun dan Obat-Obatan.

Brooks mendesak komunitas medis untuk tidak meresepkan obat klorokuin kepada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit.(*)

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X