Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Laboratorium Wuhan Akui Simpan 3 Virus Corona dari Kelelawar

Internasional
25 May 2020
Laboratorium Wuhan Akui Simpan 3 Virus Corona dari Kelelawar

hariansuara.com, Jakarta - Pandemi virus Corona (Covid-19) sudah seperti menjadi teror dunia. Sedikitnya sudah 180 negara di dunia terpapar Corona dengan 340 ribu orang tewas karena virus yang disebut berasal dari Wuhan, China itu.

Tudingan Corona berasal dari China sering disindir Presiden AS, Donald Trump dengan pejabat Gedung Putih lainnya. Merespons isu itu, pihak Laboratorium Wuhan punya penjelasan.

Kepala Laboratorium Virologi Wuhan, Wang Yanyi tak menampik memang pihaknya mengisolasi dan memperoleh tiga jenis virus Corona dari kelelawar sejak 2004. Pernyataan Wang ini disampaikan kepada stasiun televisi pemerintah China, CGTN. 

Wang mengatakan tiga virus Corona tersebut bukan SARS-CoV-2, jenis virus yang kini melanda belahan dunia dengan wabah penyakit Covid-19. Kata dia, secara genetik virus itu tak ada yang secara dekat dengan SARS-Cov2. 

Menurutnya, yang paling terdekat hanya mencapai 79,8 persen kesamaan. Maka itu, ia membantah jika Covid-19 berasal dan bocor dari Wuhan.

"Kita tahu seluruh genom SARS-CoV-2 hanya 80 persen mirip dengan SARS. Ini perbedaan yang jelas," kata Wang seperti dikutip hariansuara dari laman Aljazeera, Senin, 25 Mei 2020. 

Pun, ia menambahkan pihak virologi Wuhan tak pernah melakukan penelitian virus Corona Covid-19 yang kini menjadi teror dunia.

"Jadi, (dalam penelitian) mereka tidak memperhatikan virus seperti itu yang kurang mirip dengan virus SARS," ujar Wang.

Isu Covid-19 berasal dari Wuhan dimunculkan AS. Selain Presiden Donald Trump, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo beberapa kali menyampaikan kecurigaan Covid-19 sengaja dilepaskan oleh laboratorium di Wuhan.(*) nis/zai

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X