Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

AS Tak Izinkan Masuk Warga Brasil, Negara Kedua Tertinggi Kasus Covid-19

Internasional
26 May 2020
AS Tak Izinkan Masuk Warga Brasil, Negara Kedua Tertinggi Kasus Covid-19

hariansuara.com, Jakarta - Otoritas pemerintah AS resmi mengeluarkan larangan masuk untuk warga dari Brasil. Kebijakan ini berlaku bagi siapa pun yang sudah dua pekan terakhir berada di Brasil.

Dikutip dari ABC, Selasa, 26 Mei 2020, larangan itu berbulnyi bagi mereka yang berkunjung ke Brasil selama dua minggu terakhir maka tak boleh masuk ke AS.

Langkah ini diambil mengingat kurva Corona di Brasil meningkat pesat. Saat ini, Brasil adalah negara nomor dua tertinggi di dunia dalam kasus Corona. 

Meski demikian, bukan berlaku khusus hanya Brasil. AS juga memberlakukan kebijakan sama terhadap negara lain asal Amerika Latin.

Merujuk data Kementerian Kesehatan Brasil, kasus di negara tersebut sudah  menembus 363 ribu Artinya, posisi Brasil saat ini sebagai nomor dua di belakang AS. Pun, untuk AS saat ini sudah memiliki angka hampir 1,7 juta kasus.

Sementara, Brasil juga mencatat meningkatnya angka kematian akibat Corona. Data terakhir, sudah lebih dari 22 ribu orang. Jumlah kematian di Brasiill menempatkannya di posisi kelima terbanyak di dunia. Untuk posisi pertama ada AS dengan kematian 97 ribu orang.

Namun, Gedung Putih menyampaikan kebijakan ini tidak akan berlaku untuk kepentingan komersial bisnis antar kedua negara.

Penasihat Presiden Brasil, Jair Bolsonaro menyebut kebijakan larangan itu karena angka kasus Corona di Brasil sudah melebihi batas titik tertentu.

"Tidak ada hal khusus yang dilakukan terhadap Brasil. Kami berharap ini akan berlangsung sementara," kata Martins.

Sebelumnya, AS juga sudah mengeluarkan kebijakan melarang perjalanan dari Inggris, Eropa, dan China. Tiga negara itu diketahui punya angka kasus Corona yang tinggi.

Nomor dua lampaui Rusia

Brasil hari Jumat lalu melampaui Rusia sebagai negara kedua di dunia dengan kasus Covid-19.

Hari Selasa sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump mengatakan dia sedang mempertimbangkan larangan perjalanan dari Brasil. "Saya tidak mau ada orang yang ke sini dan menulari warga kita."

Menurut Trump, kebijakan tersebut harus dipahami demi kebaikan Brasil dan AS.

"Tidak diragukan lagi Brasil sedang mengalami kesulitan saat ini." kata Presiden Trump kepada wartawan di Gedung Putih.(*) nis/lia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X