Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

DPR Kutuk Kelakuan Israel yang Terus Rampas Tepi Barat Palestina

Internasional
01 Jul 2020
DPR Kutuk Kelakuan Israel yang Terus Rampas Tepi Barat Palestina

hariansuara.com, Jakarta - Manuver Israel yang kembali berulah dalam aneksasi terhadap tepi barat Palestina jadi sorotan dunia internasional. Kritikan dan protes tertuju ke Israel.

Salah satu yang menyuarakan adalah Komisi I DPR yang membidangi masalah pertahanan dan internasional. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Haris Almasyhari menilai aneksasi Israel terhadap tepi barat memang sebagai cita-cita lama negara tersebut untuk memusnahkan Palestina.

Haris pun menyampaikan beberapa sikap Komisi I DPR RI menyangkut Israel yang mbalelo karena tak patuh terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kami Komisi I DPR RI menentang upaya aneksasi Israel terhadap tepi barat Palestina dan menolak upaya merupakan legislasi penjajahan Israel atas Palestina," ujar Haris dalam keterangan pers resmi yang diterima hariansuara, Rabu, 1 Juli 2020.

Dia mewakili DPR heran dengan Israel di bawah pimpinan Benjamin Netanyahu terus berulah untuk menguasai tepi barat Palestina. Israel dicap melanggar kesepakatan perdamaian dunia.

"Tindakan Israel tersebut bertentangan dengan hukum dan kesepakatan Internasional terutama resolusi Dewan keamanan perihal konflik Israel-Palestina," lanjut politikus PKS itu.

Dia berharap suara tekanan dan protes dunia internasional ke Israel makin kencang. Begitupun Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia.

Kata dia, sebagai representasi rakyat Indonesia, DPR beri dukungan secara konsisten terhadap Palestina.

"Kami mendesak PBB, organisasi, dan komunitas internasional untuk mengintervensi situasi krisis di Palestina dengan mengutamakan tindakan kemanusiaan," ujarnya.

Haris juga menekankan pentingnya sikap bersama seluruh anggota parlemen dan pemerintah di seluruh dunia untuk memperjuangkan resolusi damai demi kemerdekaan Palestina.

Pun, ia tak bosan menyampaikan kelakuan aneksasi ala Israel di Tepi Barat Palestina merupakan ancaman serius terhadap pola hubungan internasional. Menurut dia, cara Israel ini tak benar dan jadi celah bagi negara lain untuk melakukan aneksasi dengan klaim teritorial yang mengabaikan hukum prinsip internasional.

"Kami menyerukan kepada masyarakat Internasional untuk mempertahankan prinsip-prinsip multilateriarisme yang berdasarkan pada tatanan dunia berbasis aturan guna terciptanya stabilitas keamanan dunia," ujarnya.(*) nis/umi

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X