Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Siap Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Duterte: Saya Percaya Rusia

Internasional
12 Aug 2020
Siap Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Duterte: Saya Percaya Rusia

hariansuara.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte sedang jadi perhatian dunia internasional. Duterte mengaku siap menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 yang dikembangkan Rusia.

Dikutip dari Sputniknews, Rabu, 12 Agustus 2020, Duterte tak sungkan memuji vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh Russian Direct Investment Fund (RDIF). 

Ia bilang kesiapannya untuk jadi subjek percobaan pertama di Filipina. Cara itu dengan mengontak Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya akan beri tahu Presiden Putin kalau saya punya kepercayaan besar dalam studi Rusia dalam memerangi Covid. Saya percaya vaksin yang Rusia hasilkan benar-benar baik untuk kemanusiaan," kata Duterte.

Duterte sebelumnya juga mengatakan Filipina siap bekerja sama dengan Rusia dalam uji coba, Hal ini termasuk untuk pasokan dan produksi vaksin. 

Pun, terkait itu, CEO RDIF, Kirill Dmitriev menjelaskan pihaknya akan menggelar uji klinis vaksin Corona di Filipina pada bulan Agustus ini.

Untuk Rusia dalam uji klinis sudah dimulai pada 18 Juni 2020 di dua institusi yaitu Burdenko Main Clinical Hospoital dan Sechenov First Moscow State Medical University. Uji klinis ini dikembangkan oleh 38 peneliti Rusia.

Rusia memang dikabarkan kuat siap jadi negara pertama di dunia yang mengeluarkan vaksin Corona. Vaksin itu juga sudah disiapkan didaftarkan pada 12 Agustus 2020. 

Dengan demikian, hal tersebut membuat Rusia menjadi negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin virus corona. 

Adapun vaksin corona bikinan Rusia saat ini dalam uji coba tahap ketiga. Tahap ini merupakan tahap terakhir untuk mengkonfirmasi keamanan dan khasiat produk. Sementara, program vaksinasi nasional akan bergulir dilaksanakan pada Oktober mendatang. (*) lia/lia    FOTO: Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Anadolu Agency Indonesia

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X