Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

Rakyat Jepang Ternyata Mau Eks Menhan Shigeru Ishiba Gantikan Shinzo Abe

Internasional
01 Sep 2020
Rakyat Jepang Ternyata Mau Eks Menhan Shigeru Ishiba Gantikan Shinzo Abe

hariansuara.com, Tokyo - Rakyat Jepang sedang menanti pengganti Shinzo Abe yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri. Kini, muncul nama eks Menteri Pertahanan Jepang, Shigeru Ishiba yang populer mengganti Shinzo.

Demikian tertuang dalam survei publik yang dilakukan sejumlah instansi seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa, 1 September 2020. 

Dalam jajak pendapat itu, nama Shigeru menguat karena dikenal sebagai tokoh kritis. Selain itu, kinerjanya saat menjabat Menhan Jepang juga dinilai bagus.

Survei Kyodo News pada Minggu, 30 Agustus 2020, menggambarkan sekitar 34 persen dukungan publik buat Shigeru. Posisi kedua ada Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dengan dukungan sebesar 14 persen.

Dari survei jajak pendapat Nikkei/TV Tokyo menunjukkan Ishiba dengan 28 persen dukungan. Di bawahnya ada Menteri Pertahanan Taro Kono dengan 15 persen. 

Dalam survei juga muncul juga nama Yoshihide Suga berada di urutan keempat dengan dukungan 11 persen.

Meski kuat dari survei, Shigeru tak populis di internal Partai Demokrat Liberal (LDP). Selain itu, ada kekhawatiran jika Shigeru jadi pemimpin Jepang maka ada pengkhianatan.

Namun, Shigeru sejauh ini juga belum terlihat bermanuver untuk mengincar posisi perdana menteri.

Sebelumnya, Abe mengundurkan diri sebagai perdana menteri karena sudah merasa tak sanggup. Apalagi ekonomi Jepang saat ini dihantam badai corona yang belum pulih. (*)  lia/lia        FOTO: Eks Menhan Jepang/Twitter @shigeruishiba

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X