Login

Username / Email :
Password :
Forgot Password Sign Up
Belum memiliki akun? Daftar Sekarang!
Close [x]
Internasional

WHO: Negara yang Biarkan Covid-19 Tanpa Terkendali Sedang Bermain Api

Internasional
17 Nov 2020
WHO: Negara yang Biarkan Covid-19 Tanpa Terkendali Sedang Bermain Api

hariansuara.com, Jenewa - Organisasi kesehatan dunia atau WHO mengingatkan penggunaan vaksin Covid-19 harus disertai dengan disiplin protokol kesehatan. WHO menyampaikan jika hanya mengandalkan vaksin akan percuma.

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus prihatin dengan masih banyak lonjakan kasus di berbagai negara. Maka itu, ia menekankan vaksin harus disertai dengan kedisplinan dalam mengadopsi pola hidup sehat.

"Kami terus menerima informasi positif menggembirakan tentang vaksin COVID-19. Kami optimis dengan potensi alat baru dalam beberapa bulan mendatang. Tapi ini bukan waktunya berpuas diri," kata Tedros, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa 17 November 2020.

Thedros menyampaikan demikian merujuk vaksin buatan mereka hampir mendekati 95 persen efektif saat uji coba mengatasi virus Covid-19.

Kabar dari perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna juga ada rasa optimisme yang dibutuhkan dunia saat menghadapi lonjakan infeksi. Pekan lalu, kandidat vaksin yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Pfizer juga mengumumkan hal yang sama.

Namun, WHO juga mengingatkan ketersediaan vaksin masih jauh. Sementara, kasus Covid-19 dan kematian melonjak di banyak bagian dunia.

Dia bilang agar setiap otoritas pemerintah punya program khusus dan jangan membiarkan virus ini menyebar.

"Ini virus berbahaya, yang bisa menyerang setiap sistem di dalam tubuh. Negara-negara yang membiarkan virus tanpa terkendali, sedang bermain api," jelas Tedros.

Dari data WHO, infeksi Covid-19 secara global melonjak melebihi 54 juta kasus. Pun, angka kematian sudah tercatat lebih dari 1,3 juta kasus. 

Para ahli memperingatkan masih akan ada bulan-bulan yang sulit dan berbahaya di waktu mendatang.

"Perlu diketahui, pakai vaksin saja tidak akan cukup untuk mengakhiri pandemi ini," jelasnya.(*) umi/stm      FOTO: IST/Satgas Covid-19

 

TANGGAPAN ANDA MENGENAI BERITA INI

Senang

0

Tidak Peduli

0

Marah

0

Sedih

0

Takjub

0

Lakukan login terlebih dahulu untuk menambah komentar dan voting

KOMENTAR TERBARU

X
X